Notification

×

Iklan

Kontingen PON XXI Sumut Resmi Dibubarkan

Senin, 14 Oktober 2024 | 13:52 WIB Last Updated 2024-10-14T06:52:41Z

Acara syukuran dan pembubaran Kontingen PON XXI Sumut di Medan, Minggu (13/10/2024) malam. (Foto: Istimewa)

ARN24.NEWS
– Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Utara Agus Fatoni mengapresiasi perjuangan para atlet yang telah mengharumkan nama Sumut pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut 2024. 

  

Prestasi gemilang yang menempatkan Sumut di peringkat keempat, sekaligus menjadi bukti keberhasilan PON Sumatera Utara.


Hal itu ditulis Pj Gubsu seperti disampaikan Plt Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Sumut M Armand Effendi Pohan pada acara Syukuran dan Pembubaran Kontingen PON XXI Sumut di Tiara Convention Centre, Medan, Minggu (13/10/2024) malam. 


“Pencapaian ini luar biasa. Sangat sulit menggeser dominasi tiga besar, tapi berkat kerja keras selama bertahun-tahun, posisi keempat ini menjadi bukti nyata keberhasilan kita,” tegasnya.


“Sumut sudah membuktikan diri sebagai kekuatan besar di PON XXI, Semoga ini baru awal dari kebangkitan olahraga Sumatera Utara,” tambah Pj Gubsu.

  

Pada PON XXI yang berlangsung 8-20 September 2024, Jawa Barat keluar sebagai juara umum untuk ketiga kalinya secara beruntun. DKI Jakarta posisi kedua dan Jawa Timur peringkat ketiga. 

  

Tuan rumah Sumut peringkat keempat dengan mendulang 79 medali emas, 59 perak, dan 116 perunggu. Disusul kemudian oleh Jawa Tengah dan Aceh di posisi keenam.


“Kalian semua adalah kebanggaan Sumut, pahlawan kita. Kita berhasil mewujudkan mimpi besar ini,” papar Pj Gubsu.


Sebelumnya, Ketua Umum KONI Sumut John Ismadi Lubis melaporkan bahwa Kontingen PON Sumut dikukuhkan pada 31 Agustus 2024 oleh Pj Gubsu yang meminta harus bisa peringkat 4 nasional. 


“Alhamdulillah dengan perjuangan segenap atlet dan pelatih, itu tercapai,” jelasnya.

  

Menurutnya, Sumut berkekuatan 1.152 atlet di 58 Cabor dan 46 Cabor meraih medali dengan rincian 79 emas, 59 perak dan 116 perunggu. 


“Ada 4 cabor juara umum, yaitu drumband, barongsai, dancesport dan boling. 8 cabor posisi kedua dan 9 cabor peringkat ketiga. Target 4 besar nasional seperti 71 tahun lalu pada PON 1953 terulang lagi,” katanya.

  

Menurut John, hasil ini gambaran Sumut sudah pantas masuk elit nasional. Dari seluruh cabor, ada 4 atlet Sumut pecahkan rekor, yaitu 3 Atletik dan 1 Renang.

  

“Untuk itu, Pemprovsu sudah pantas memberikan bonus dan lapangan pekerjaan sebagai apresiasi bagi para atlet yang sudah berprestasi,” pungkas John Lubis. (sh)