Notification

×

Iklan

Prediksi EPL, MU VS Liverpool: Duel Emosi si Merah....(LIVE VIDIO MINGGU MALAM PUKUL 22.00 WIB)

Minggu, 01 September 2024 | 15:50 WIB Last Updated 2024-09-01T08:50:17Z

ARN24.NEWS --
Manchester United dan Liverpool berjumpa di pekan ke-3 Premier League 2024/2025 yang digelar di Old Trafford, Minggu (1/9/2024) pukul 22.00 WIB. Hanya melibatkan laga kompetitif, MU punya catatan head to head yang bagus atas Liverpool di lima laga terakhir. 

MU tercatat meraih dua kemenangan sedangkan Liverpool hanya sekali menang. Sedangkan dua hasil imbang tercipta yang semua berasal dari pertemuan di EPL musim lalu. Dalam kondisi normal, Liverpool menjadi tim yang diunggulkan di pertandingan ini. Faktor performa di dua pekan awal bisa menjadi acuannya. 

Liverpool telah meraih 6 poin sedangkan United baru 3 poin.Tapi lantaran laga akan dimainkan di Old Trafford, bursa unggulan bisa saja berubah. Pasalnya The Red Devils tidak pernah kalah dari Liverpool dalam tiga pertandingan terakhir semua kompetisi ketika duel dilangsungkan di Old Trafford.

Dalam beberapa musim terakhir harus diakui Manchester United kerap dipermalukan Liverpool. Musim 2021-22 lalu Liverpool bahkan menang 0-5 di Old Trafford dan 4-0 di Anfield. Bahkan di musim 2022-23, Liverpool menghabisi United dengan skor 7-0 di Anfield.

Tapi fans Liverpool juga harus menerima fakta bahwa tim mereka melempem dalam tiga kunjungan terakhir ke Old Trafford. Faktanya, tidak ada kemenangan yang didapat Liverpool dalam tiga kunjungan itu yakni dua kali kalah di EPL dan FA Cup serta sekali imbang di EPL. Terakhir kali Liverpool menang di Old Trafford adalah dengan skor 0-5 musim 2021-22 seperti yang telah disebutkan di atas.

Usai kekalahan telak di kandang itu, United lantas mengalahkan Liverpool 2-1 di musim 2022-23. Kemudian di musim 2023-24, United menyingkirkan Liverpool dari Piala FA dengan skor 4-3 dan kemudian imbang 2-2 di EPL. United sebenarnya nyaris menang di laga itu andai Liverpool tidak menyamakan skor jelang laga usai melewati eksekusi penalti Mohamed Salah.

Tidak heran jika spirit skuad asuhan Erik ten Hag akan tetap tinggi jelang laga ini. Kekalahan dari Brighton pekan lalu harus segera dilupakan. Kemenangan atas Liverpool harus diraih agar menjadi modal di laga berikutnya setelah adanya jeda internasional.

"Tentunya bagi kedua tim, ini adalah laga besar yang harus dimainkan di awal musim. Saya merasa hasil pertandingan nanti akan memberi dampak besar pada peta persaingan. Oleh karena itu kami harus mempersiapkan diri dengan benar dan siap menjalani laga," jelas gelandang Kobbie Mainoo yang musim lalu turut mengemas satu gol ke gawang Liverpool di Old Trafford.

Di sisi lain Liverpool menjalani start sempurna ketika mengalahkan Ipswich Town dan Brentford dengan masing-masing berakhir 2-0. Tapi jelas bahwa kedua laga itu belum akan sebanding dengan tantangan melawan United. Arne Slot selaku pelatih anyar Liverpool menyadari hal itu.

Slot sendiri mampu mengantar Liverpool mengalahkan United 3-0 dalam laga uji coba pramusim. Hanya saja, situasinya jelas berbeda dilihat dari beberapa aspek. Misalnya saja skuad yang bermain di pramusim lalu masih banyak dari pemain pelapis atau pemain muda.

Kemudian laga saat itu juga digelar di tempat netral yakni di Stadion Williams-Brice, Columbia, Amerika Serikat. Kini situasinya jelas berbeda karena United main di kandang sendiri. Faktor suporter diakui Slot akan menjadi kesulitan tersendiri bagi timnya.

"Situasinya jelas berbeda karena saat di Amerika Serikat, saya rasa 50 persen suporter mendukung kami dan sisanya adalah fans United. Tentunya di laga nanti akan lebih banyak yang mendukung mereka. Jadi kita tidak bisa membandingkan laga saat itu dengan duel akhir pekan ini," bilang Slot di laman resmi klub.

Catatan ARN24.NEWS 
 
Di musim baru ini, MU masih cukup labil. Kalah adu penalti dari Manchester City di Community Shield, pasukan Erik ten Hag menang tipis atas Fulham di pekan pertama, tapi kemudian kalah di kandang Brighton. Sebaliknya, bersama pelatih baru Arne Slot, Liverpool sukses melalui dua pekan pertama dengan sempurna.

MU mengawali langkah di liga musim ini dengan kemenangan 1-0 atas Fulham di Old Trafford. Gol tunggal penentu kemenangan dicetak oleh penyerang baru mereka, Joshua Zirkzee. Namun, di pekan kedua, MU kalah 1-2 dari tuan rumah Brighton. Gol Amad Diallo tak cukup untuk menyelamatkan mereka.

Sementara itu, Liverpool memenangi kedua laga awal tanpa kebobolan, dan skornya pun identik, yakni 2-0. Liverpool menang di kandang tim promosi Ipswich Town, lalu menang atas sang tamu Brentford di Anfield. Diogo Jota dan Mohamed Salah mencetak masing-masing satu gol ke gawang Ipswich. 

Salah kemudian kembali menyumbang satu gol saat mengalahkan Brentford. Dalam laga kedua itu, Luis Diaz bersinar dengan satu gol dan satu assist. MU dan Liverpool sebelumnya telah berjumpa dalam laga pramusim 2024/2025 di Amerika Serikat. MU kalah 0-3. Gol-gol Liverpool waktu itu dicetak oleh Fabio Carvalho, Curtis Jones, dan Kostas Tsimikas.

Tim tamu dilaporkan hanya kehilangan Curtis Jones yang masih mengalami cedera. Dengan kata lain, Slot bisa memainkan skuad terbaiknya di laga ini termasuk Mo Salah, Diogo Jota, dan Luis Díaz yang menjadi bintang Liverpool di dua pekan awal.

Sedangkan United mendapati ada lebih banyak pemainnya yang masih cedera. Mereka adalah Rasmus Højlund, Victor Lindelöf, Luke Shaw, Leny Yoro, Mason Mount, dan Tyrell Malacia. Para pemain baru dari kedua tim juga diperkirakan belum akan terlibat. 

Slot menyatakan kecil kemungkinan Federico Chiesa akan bermain di laga ini. Demikian halnya dengan kubu United yang baru saja meresmikan kedatangan Manuel Ugarte. MU cuma menang 1 kali dalam 12 laga terakhir vs Liverpool di Premier League. 

MU cuma menang 5 kali dalam 15 laga terakhir di Premier League. MU cuma menang 6 kali dalam 12 laga kandang terakhir di Premier League. MU cuma 3 kali  clean sheet dalam 13 laga kandang terakhir di Premier League.

Liverpool tak terkalahkan dalam 6 laga terakhir di Premier League. Liverpool selalu mencetak minimal 2 gol dalam 6 laga terakhir di Premier League. Liverpool selalu menang dalam 3 laga terakhir di Premier League. Liverpool selalu clean sheet dalam 3 laga terakhir di Premier League. Liverpool cuma menang 2 kali dalam 6 laga tandang terakhir di Premier League. 

PERKIRAAN SUSUNAN PEMAIN: 
Manchester United (4-2-3-1): Onana; Dalot, Martinez, Maguire, Mazraoui; Mainoo, Casemiro; Garnacho, Fernandes, Diallo; Zirkzee. (Pelatih: Erik ten Hag) 

Liverpool (4-2-3-1): Alisson; Robertson, Van Dijk, Konate, Alexander-Arnold; Mac Allister, Gravenberch; Diaz, Szoboszlai, Salah; Jota. (Pelatih: Arne Slot) 

5 PERTEMUAN TERAKHIR: 
04/08/24 Manchester United 0-3 Liverpool (Friendly)
07/04/24 Manchester United 2-2 Liverpool (Premier League)
17/03/24 Manchester United 4-3 Liverpool (FA Cup) 
17/12/23 Liverpool 0-0 Manchester United (Premier League)
05/03/23 Liverpool 7-0 Manchester United (Premier League).

5 LAGA TERAKHIR MAN UNITED: 
01/08/24 Manchester United 3-2 Real Betis (Friendly)
04/08/24 Manchester United 0-3 Liverpool (Friendly)
10/08/24 Manchester City 1-1 Manchester United (Community Shield)
17/08/24 Manchester United 1-0 Fulham (Premier League)
24/08/24 Brighton 2-1 Manchester United (Premier League).

5 LAGA TERAKHIR LIVERPOOL: 
04/08/24 Manchester United 0-3 Liverpool (Friendly)
11/08/24 Liverpool 4-1 Sevilla (Friendly)
11/08/24 Liverpool 0-0 Las Palmas (Friendly)
17/08/24 Ipswich Town 0-2 Liverpool (Premier League)
25/08/24 Liverpool 2-0 Brentford (Premier League).

STATISTIK: 
MU Menang: 26%
Imbang: 23%
LIVERPOOL Menang: 51%
SKOR: 0 - 1 (1/4 : 0). (nt/sumber)