Notification

×

Iklan

Arena PON 21: Amazing!!! Jawa Barat Catatkan Hattrick Ajang Olahraga Empat Tahunan Antar Provinsi se-Indonesia

Sabtu, 21 September 2024 | 09:54 WIB Last Updated 2024-09-21T02:54:35Z

ARN24.NEWS --
Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumatera Utara 2024 resmi berakhir. PON XXI ditutup oleh Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy di Stadion Utama Sumatera Utara Sport Center, Jumat (20/9/2024) malam. Dan Jawa Barat tampil sebagai juara umum PON XXI.

Jawa Barat duduk di podium tertinggi setelah berhasil mendulang medali emas terbanyak. Jawa Barat sukses meraih 195 medali emas. Selain itu, mereka juga mendapatkan 163 medali perak, dan 181 medali perunggu.

Jawa Barat mengungguli dua pesaing utamanya: DKI Jakarta dan Jawa Timur. DKI Jakarta finish di posisi kedua dengan perolehan 184 medali emas, 150 perak, dan 146 perunggu. Sedang Jawa Timur mengakhiri PON XXI di peringkat ketiga dengan raihan 146 medali emas, 136 medali perak, dan 144 perunggu.

"Selamat kepada Jawa Barat yang keluar sebagai juara umum PON XXI," kata Menteri Pemuda dan Olahraga, Dito Ariotedjo.

Tampilnya Jawa Barat sebagai juara umum PON XXI merupakan perwujudan dari target mereka. Jawa Barat berhasil hattrick juara umum PON. Jawa Barat sukses menjadi juara umum PON tiga ediai berturut-turut. Jawa Barat juara PON XIX di Jawa Barat, PON XX Papua, dan PON XXI Aceh-Sumatera Utara.

"Selamat kepada kontingen yang juara. Selamat kepada para atlet yang tampil sebagai juara. Dan bagi yang belum menang, jangan berputus asa. Sebab, kesempatan di depan masih terbuka," ujar Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Muhadjir Effendy.

Baik Muhadjir maupun Dito mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu terselenggaranya PON XXI. Pemerintah menjanjikan akan melakukan hal yang jauh lebih baik lagi saat penyelenggaraan PON XXII 2028 yang akan diselenggaran di Nusa Tenggara Barat dan Nusa Tenggara Timur.

"Saya mohon maaf jika dalam penyelanggaran PON XXI terdapat kekuarangan. Segala kekuarangan itu menjadi tanggung jawab saya. Ini akan jadi bahan evaluasi kami untuk penyelanggaraan PON yang akan datang," sebut Dito.

Sementara itu, dua tuan rumah PON XXI berhasil melakukan perbaikan pencapaian prestasi. Sumatera Utara yang sebelumnya berada di posisi delapan, pada PON XXI sukses nangkring di posisi keempat. Sedang Aceh berhasil finish di peringkat keenam. Pencapaian itu melompat jauh dari PON sebelumnya yang hanya mampu bertengger di posisi 12. (saze/red)