Notification

×

Iklan

LPA Toba Dilantik, Pemkab Akan Bekerjasama Melakukan Inovasi Preventif

Kamis, 25 Juli 2024 | 23:14 WIB Last Updated 2024-07-25T16:14:58Z
Pengurus LPA Sumut, Dongan Nauli Siagian serahkan petaka pada Ketua LPA Toba, Moriana Hutabarat.

ARN24.NEWS --
Pemerintah Kabupaten Toba akan bekerja sama dengan Lembaga Perlindungan Anak (LPA) Kabupaten Toba untuk melakukan inovasi preventif untuk tindakan kekerasan seksual dan tindakan penghilangan hak-hak anak.

Hal ini disampaikan Sekdakab Toba, Augus Sitorus dalam kata sambutannya pada acara Pelantikan LPA Kabupaten Toba di Balai Data Kantor Bupati Toba, Balige, Kamis (25/7/2024).

"Kami Pemkab Toba akan bekerja sama dengan LPA melakukan inovasi untuk tindakan preventif. Akan menjadi perhatian juga bagaimana rumah layak huni," katanya.

Rumah layak huni ini, kata Augus adalah rumah yang memiliki kamar dan kamar mandi atau toilet untuk kenyamanan penghuni termasuk anak-anak.

Lanjut Agus, pelantikan pengurus LPA Kabupaten Toba yang dilantik oleh Sekretaris LPA Provinsi Sumatera Utara, Dongan Nauli Siagian ini merupakan perwujudan apa yang dicita-citakan Bapak Parlin Sianipar agar bisa diwujudkan untuk perlindungan anak di Kabupaten Toba.

Sesuai undang -undang, anak wajib mendapatkan perlindungan namun di akhir-akhir ini pada era digital ada tindakan yang mengabaikan hak-hak anak. Diketahui di Toba ada tercatat sekitar 43 kasus yang terjadi.

Dengan berdirinya LPA ini diharapkan akan mengurangi tindakan kekerasan atau kekerasan seksual pada anak dan jangan sampai terganggu hak -hak anak. Salah satu cara yang bisa dilakukan bersama Pemkab Toba adalah sosialisasi ke masyarakat.

"Kunjungan ke gereja, sosialisasi ke sekolah supaya masyarakat memiliki pengetahuan yang luas tentang perlindungan anak. Termasuk menyosialisasikan prinsip Batak Naraja yang relevan dengan kehidupan sehari-hari," kata Sekda Augus.

Batak Naraja adalah Marugamo /peduli, Maradat /sopan santun),Marparbinotoan /pandai bijaksana, dan Maruhum/taat aturan hukum).

"Kami mengajak semua pihak secara bersama-sama untuk bekerjasama mencegah tindakan kekerasan atau kekerasan seksual pada perempuan dan anak di Kabupaten Toba," katanya mengakhiri.

Sebelumnya Pengurus LPA Provinsi Sumatera Utara (Sumut), Dongan Nauli Siagian mengatakan, pihaknya sudah menandatangani MoU dengan Poldasu akan penanganan perkara kekerasan dan kekerasan seksual pada anak 
Pada tahun 2023, Sumut peringkat 7 dengan sebanyak 1226 perkara. Untuk Provinsi Sumut, kota Medan yang tertinggi angka kasus perkaranya. LPA hadir untuk proses pencegahan agar hal perkara ini tidak meningkat.

"Tugas kita untuk memberikan edukasi perlindungan anak.Ini gerakan sosial, jangan takut berbuat terbaik. Sosialisasi sudah ke-300 lebih desa tentang perlindungan anak termasuk soal pernikahan dini. Banyak hak-hak anak terabaikan," katanya.

Menariknya, lanjut Dongan, di Kabupaten Simalungun, pihaknya telah bekerjasama akan hal pariwisata ramah anak. Ketua LPA Kabupaten Toba, Moriana Hutabarat menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Toba, Kajari Toba, kepolisian, tokoh masyarakat, tokoh adat, dan semua pihak yang telah hadir pada acara pelantikan ini dan sekaligus mengajak kerja sama mencegah kekerasan terhadap anak.

Nama-nama Pengurus LPA Kabupaten Toba Periode 2024-2026:

Dewan Pengawas 
1. Ir.Parlin Sianipar
2. Fauzi Suwira Gunawan (DPRD Toba)
3. Mutiara Panjaitan (DPRD Toba)

Dewan Pengurus : Ketua : Apt. Moriana Hutabarat, Dra., M.Si
Sekretaris 1: Sonya Simanjuntak, S.Ag.Sekretaris 2: Shinta Mariana Simanjuntak, S.Ag, Bendahara : Jonner Sitorus, SE

Wakil-Wakil Ketua :
Wakil Ketua: Bidang Penggalangan Dana dan Daya : Arta Sihotang,
El Winni Elena Sitorus (DPRD Toba terpilih)

Wakil Ketua Bidang Penguatan Kelembagaan dan Kerjasama Antar Lembaga :Edward Tambunan, Judica Dumaria Purba, SH

Wakil Ketua Bidang Pemantauan dan Kajian Perlindungan Anak :Theresnaria Yuliatur Situmorang, S.Psi., M.Psi.,Mesakh Nenobais M.Th,Togi Sarmauli Siahaan, S.Ag

Wakil Ketua Bidang Advokasi dan Reformasi Hukum : Panangian Simanjuntak, SH, Harapan Sibarani, S.S
Wakil Ketua Bidang Sosialisasi dan Promosi Hak Anak : Imelda Tiurniari Napitupulu, S.Psi,Ir. Monang Sirumapea (Mediator Damai)

Wakil Ketua Bidang Organisasi dan Pengkaderan : Rhiny Sitorus, SH (Botoma).Wakil Ketua Bidang Pemenuhan Hak Anak : Drs. Samsir Simanjuntak, M Tansiswo Siagian 

Wakil Ketua Bidang Pelaporan dan Penanganan Masalah : Marjoku Sormin,SH.Wakil Ketua Bidang Humas : Jecson Lumban Tobing, Ernita Hutagaol, Daniel R.J. Manurung, Olo Sampetua Sirait, Puji Samosir, Daniel Manurung. Ketua Tim Investigasi Cepat Perlindungan Anak : Ramly, Pasaribu, SH

Turut hadir Asisten Pemerintahan Eston Sihotang, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Jhonny Lubis, Kepala Dinas Kominfo Toba Sesmon TB Butarbutar, Kadis Kebudayaan dan Pariwisata Rusti Hutapea, Kepala Dinas Kesehatan dr Freddi S Sibarani, Kajari Toba diwakili , Ketua LADN Batak Naraja Toba Jonang Sitorus, Nico Bangun Kasubsi Pra Penuntutan Pidum. Ketua LADN Batak Naraja Jonang Sitorus, Tokoh Adat, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama dan undangan lainnya (hotman)