Notification

×

Iklan

Musim Haji Panas Ekstrem di Arab Saudi, Suhu Tembus 44 Derajat Celcius

Jumat, 07 Juni 2024 | 22:54 WIB Last Updated 2024-06-07T15:54:48Z

Suhu panas di Saudi saat musim haji 2024 diprediksi tembus hingga 44 derajat Celsius. (Foto: ANTARA FOTO)

ARN24.NEWS
– Otoritas Arab Saudi mewanti-wanti jamaah haji soal potensi cuaca panas ekstrem hingga 44 derajat Celcius, saat puncak Ibadah Haji 2024.


Ibadah haji di Arab Saudi akan dimulai pada 14 Juni. Ibadah ini merupakan salah satu rukun Islam dan harus dilaksanakan setidaknya satu kali bagi yang mampu, secara ekonomi hingga kesehatan.


Kepala Badan Meteorologi Nasional Saudi, Ayman Ghulam, memprediksi kemungkinan akan ada kenaikan suhu dari situasi normal.


"Perkiraan musim haji tahun ini akan menyaksikan kenaikan suhu rata-rata satu setengah hingga dua derajat dari suhu normal di Mekkah dan Madinah," kata Ghulam saat konferensi pers dikutip AFP.


Dia lalu berujar, "Perkiraan itu menunjukkan kelembaban relatif 25 persen, tingkat hujan mendekati nol, suhu maksimum rata-rata 44 derajat [Celcius]."


Untuk mengatasi cuaca panas ekstrem itu, Saudi menyediakan air dengan jumlah cukup guna memenuhi kebutuhan para jamaah.


Ghulam juga menyebut pihak berwenang Saudi menyediakan tenda yang dilengkapi dengan pendingin udara untuk mengurangi rasa panas.


Musim haji tahun lalu, para jamaah juga mengalami cuaca ekstrem.


Menurut data pemerintah Saudi, suhu tahun lalu saat musim haji mencapai 48 derajat Celcius. Imbas gelombang panas ini, sekitar 2.000 orang mengalami heatstroke.


Namun, jumlah kasus jamaah yang mengalami heatstroke diduga lebih tinggi. Banyak penderita yang tak dirawat di rumah sakit atau klinik sehingga mereka tak tercatat data resmi. (cnn/sh)