Notification

×

Iklan

Ernando Blunder, Indonesia Dihajar Irak di Kualifikasi Piala Dunia 2026

Kamis, 06 Juni 2024 | 19:52 WIB Last Updated 2024-06-06T12:52:52Z

Ernando Ari (Foto: Dok. AFC)

ARN24.NEWS
– Indonesia harus tabah dihajar Irak dalam laga Kualifikasi Piala Dunia 2026, Kamis (6/6/2024). Bersamaan dengan kekalahan itu, Ernando Ari menjadi sorotan karena melakukan blunder.


Blunder itu terjadi pada menit ke-87. Ketika pemain Irak membangun serangan, bola berhasil diamankan oleh Asnawi Mangkualam. Sang kapten pun langsung mengoper ke Ernando.


Maju jauh di sarangnya, Ernando menerima dengan baik operan bola dari Asnawi. Dari kejauhan, Mohamed Ali berlari mengejar bola.


Alih-alih mendekap bola, Ernando bermain-main di depan gawang. Gertakan Mohamed Ali menyebabkan si bundar dicuri oleh Jassim Ali.


Sang kiper yang sudah mati langkah tak mampu berbalik arah. Jassim Ali memanfaatkan blunder Ernando dengan baik. Hubner berlari ke gawang, tetapi gagal melakukan penyelamatan.


Gol! Jassim Ali menambah perolehan angka bagi Irak menjadi 2-0 di menit ke-87.


Ernando langsung berlutut lemas melihat gawang yang ia jaga kembali dibobol oleh pasukan Singa Mesopotamia.


Selain kesalahan fatal tersebut, kiper andalan timnas itu telah lebih dahulu melakukan pelanggaran yang menghasilkan tendangan penalti kedua bagi Irak.


Di menit ke-71, Jassim Ali menembus lini pertahanan Indonesia. Ernando yang menjauh dari gawang tak mampu mengambil bola dan berakhir menjatuhkan Jassim Ali di kotak penalti.


Wasit Shaun Evans melihat upaya penyelamatan Ernando sebagai sebuah pelanggaran dan mengambil keputusan untuk memberi penalti bagi Irak.


Aymen Hussein kembali dipercaya menjadi eksekutor usai berhasil menjebol gawang Indonesia lewat tendangan penalti di menit ke-54.


Hussein kembali menerapkan taktik yang sama untuk mengoceh Ernando. Beruntungnya, bola yang ia tendang melambung jauh ke udara.


Atas blunder tersebut, netizen lantas mengungkapkan reaksi kekecewaan mereka di berbagai media sosial.


"Kenapa gak lo ambil aja Ndo pake tangan??! Lo lupa posisi lo apa ckckck," kata seorang netizen di X.


"Knp ga langsung buang?" cuit warganet lain.


"Tp emg nando selalu maju2 tiap match😭😭" sahut yang lain.


Kendati tak sedikit yang mengungkapkan kekecewaan, netizen juga mengingatkan sesama agar tidak melempar hujatan.


"Jangan hujat bro, kita hanya bisa kasih support," komen seorang netizen di salah satu postingan akun Instagram @nandoariiiss.


"SEMANGAT BOSS NANDOOO, LOO TETEP KERENNNN👏🔥🙌" kata yang lain.


"jangan hujat dulu ya teman2. masih ada 1 game lg jangan sampai mental dia jatuh🙏" ungkap komen lain.


"Sangat disayangkan, tapi tetap semangat Ernando. Mungkin bisa diistirahatkan dulu, keknya abis ini mental Ernando akan memburuk," ujar seorang netizen.


Atas kekalahan ini, Indonesia masih harus bekerja keras kembali untuk menambah perolehan poin. Asa menuju ronde 3 Kualifikasi Piala Dunia 2026 masih terbuka lewat laga kontra Filipina pada Selasa (11/6/2024) ini. (dtc/sh)