Notification

×

Iklan

Sekda Medan Wiriya Iparnya Wakapolri Ditunjuk Jadi Pj Bupati Deli Serdang, Ini Profilnya

Senin, 22 April 2024 | 14:24 WIB Last Updated 2024-04-22T07:24:57Z

Sekda Kota Medan Wiriya Alrahman. (Foto: Dok. Pemkot Medan)

ARN24.NEWS
– Menteri Dalam Negeri (Mendagri) menunjuk Sekda Kota Medan Wiriya Alrahman sebagai Pj Bupati Deli Serdang. Berikut profil Wiriya Arahman.


Berdasarkan informasi yang dihimpun, Senin (22/4/2024), Wiriya dilantik sebagai Sekda Medan di masa Akhyar Nasution sebagai Wali Kota Medan. Ipar Wakapolri Komjen Agus Andrianto itu dilantik Akhyar pada 15 Oktober 2018.


Saat itu, Wiriya bersaing dengan 4 pejabat Eselon II untuk menjadi Sekda Kota Medan. Saat Bobby Nasution menjadi Wali Kota Medan, Wiriya masih dipercaya mengisi jabatan tersebut hingga saat ini.


Sebelum menjadi Sekda Medan, Wiriya menjabat sebagai Kepala Bappeda Kota Medan. Wiriya juga pernah menjabat sebagai Asisten Ekonomi dan Pembangunan Setda Kota Medan dan juga Kepala Pelayanan Perizinan Terpadu Kota Medan.


Berdasarkan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) yang dirilis Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Wiriya memiliki harta sejumlah Rp 16 miliar. Harta kekayaan Wiriya tersebut berdasarkan laporan untuk periode 2022 atau laporan pada 2023 lalu.


"TOTAL HARTA KEKAYAAN (II-III) Rp. 16.105.896.905," demikian tertulis di situs LHKPN KPK yang dilihat, Senin (22/4/2024).


Harta tersebut terdiri dari 19 bidang tanah dan bangunan senilai Rp 13,765 miliar. Tanah dan bangunan itu tersebar di Kota Medan, Jakarta Selatan, Jakarta Utara, dan Kabupaten Tapanuli Selatan.


Wiriya melaporkan tidak memiliki kendaraan pribadi, namun dia memiliki harta bergerak sebesar Rp 103,9 juta. Selain itu, Wiriya juga memiliki kas dan setara kas sebesar Rp 2,236 miliar, dan Wiriya tidak memiliki utang.


Sebelumnya diberitakan, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian menunjuk Wiriya Alrahman sebagai Pj Bupati Deli Serdang. Wiriya merupakan Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Medan saat ini.


"Sekda Medan (Wiriya ditunjuk jadi Pj Bupati Deli Serdang)," kata Kabiro Otda Setda Pemprov Sumut Harianto Butar-Butar dilansir detikSumut, Senin (22/4/2024).


Pelantikan Wiriya bakal dilaksanakan besok. Wiriya bakal dilantik dengan Pj Bupati Tapanuli Utara dan Dairi yang sama-sama berakhir besok.


"Besok (bakal dilantik)," ucapnya. (dts/sh)