Notification

×

Iklan

Jago Merah Ngamuk Ratakan Ratusan Kios Pedagang di Tarutung

Senin, 08 April 2024 | 21:28 WIB Last Updated 2024-04-08T14:28:58Z

ARN24.NEWS --
Api menyapu hampir seluruh kios pedagang di Pasar Tradisional Tarutung jelang dua hari lebaran, Minggu (7/4/2024) malam. 

Kobaran api memusnahkan ratusan kios di sana tepatnya di Kelurahan Huta Toruan VI, Kecamatan Tarutung. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu, hanya saja pedagang merugi Rp 500 juta lebih. 

Di antara ratusan kios yang terbakar, termasuk kios pedagang penjual pakaian, sepatu dan bahan-bahan pokok. "Api sulit dikendalikan karena akses jalan/gang menuju lokasi kebakaran sempit. Armada pemadam kebakaran kesulitan mendekati lokasi kebakaran," terang Kapolres Taput, AKBP Ernis Sitinjak, Senin (8/5/2024).

Sedangkan sumber titik api pertama kali muncul dari kios yang berada di bagian tengah pasar yang diduga akibat korsleting listrik. Kebakaran menyebar dengan cepat serta menyambar ke kios-kios yang lainnya yang ada di bagian dalam lokasi pasar. 

Api dengan mudah menyebar karena kios di dalam pasar tersebut rata-rata bangunannya terbuat dari kayu, termasuk bangunan balairung.

Saksi mata, Midian Situmorang, warga di Pasar Onan Tarutung, menjelaskan sempat melihat dua wanita yang tak dikenalnya melintas dari depan lapo tuak tersebut yang berada di Pasar Onan Tarutung.

Kedua orang wanita dimaksud lalu memberitahukan kepada saksi, ada kebakaran di dalam pasar. Tak lama berselang api sudah membumbung tinggi dari kios pedagang bumbu. (mtc/nt)