Notification

×

Iklan

Ada Lintah Ditemukan di Tenggorokan Pria Vietnam Ini, Ternyata Penyebabnya?

Minggu, 28 April 2024 | 23:18 WIB Last Updated 2024-04-28T16:19:35Z

SS Tangkapan layar viral Odditycentral. (Foto: Istimewa)

ARN24.NEWS
– Kondisi tak biasa terjadi pada seorang pria berusia 53 tahun di Vietnam. Hal itu terjadi lantaran di tenggorokan pria tersebut ditemukan lintah sebesar 6 cm.


Temuan itu berawal saat pria yang tak disebut namanya tersebut mengalami gejala sakit tenggorokan dan suara serak. Dia mengira gejala tersebut merupakan gejala penyakit flu biasa.


Namun, gejala yang dirasakan semakin memburuk hingga ia mengeluarkan darah dari mulutnya. Mulanya, dia mencoba mengidentifikasi penyebabnya sendiri, dengan membuka mulut dan melihat ke cermin.


Tetapi dia tak bisa melihat banyak selain apa yang tampak seperti gumpalan coklat di bagian atas tenggorokannya. Lantaran panik dengan kondisinya, pria tersebut langsung mengunjungi rumah sakit.


Dikutip detikHealth dari Odditycentral, biasanya lintah berhasil masuk ke dalam tubuh manusia karena kurangnya kebersihan. Sementara dalam kasus ini, pria tersebut mengatakan kepada dokter bahwa ia mengalami cedera di tangan saat memegang perangkap tikus sekitar sebulan sebelumnya.


Sebagai seorang yang sangat percaya pada pengobatan herbal, dia keluar dan memetik tanaman obat, memasukkannya ke dalam mulutnya, dan mengunyahnya hingga menjadi pasta yang dioleskan pada lukanya.


Dokter meyakini lintah tersebut masuk ke dalam mulut pria itu saat ia memasukkan daun yang belum dicuci. Lintah biasanya berukuran kecil, tetapi dengan terus-menerus memakan darah, mereka dapat tumbuh dengan sangat cepat.


Untuk menghindari situasi seperti itu, dokter menyarankan masyarakat untuk menghindari sumber air yang terkontaminasi dan dedaunan yang kotor saat berada di alam liar. (dts/sh)