Notification

×

Iklan

Pegadaian Kanwil 1 Medan Yakin Jadi Juara Nasional

Selasa, 05 Desember 2023 | 16:49 WIB Last Updated 2023-12-05T09:49:41Z

Pinwil Pegadaian Kanwil I Medan Arief Rinardi (baju putih) saat memberikan penjelasan. (Foto: Istimewa)


ARN24.NEWS -- PT Pegadaian Kanwil 1 Medan yakin menjadi juara nasional dari 12 Kantor Wilayah se-Indonesia dengan pencapaian target Key Performance Indicator (KPI) tahun 2023.


Pimwil PT Pegadaian Kanwil 1 Medan Arief Rinardi mengatakan pencapaian KPI ini menjadi prestasi yang membanggakan. Karena untuk kedua kalinya akan secara berturut (2022-2023) meraih realisasi pencapaian KPI.


"Dari 12 Kanwil di Indonesia, di tahun 2022, kami (Pegadaian Medan) nomor 1 untuk KPI. Dan tahun 2023 prestasi itu akan kami capai kembali," katanya dalam keterangan tertulis, Selasa (5/12/2023).


Arief mengatakan pihaknya juga mencatat pencapaian target omset dan OSL yang cukup luar biasa sepanjang tahun 2023. 


Untuk pencapaian OSL, Gross Posisi All Produk (baik Gadai dan Non Gadai) hingga November 2023 mencapai 103,85 persen dengan pertumbuhan sekitar 12,55 persen jika dibandingkan dengan tahun 2022.


"Yang telah dicapai sepanjang tahun 2023 adalah total omzet semua produk senilai Rp 14,7 Triliun, dengan jumlah nasabah aktif tembus 1 juta nasabah aktif. Aktivitas program Bina Lingkungan, Pegadaian telah menyalurkan Rp 1,75 miliar dan penyaluran KUR Syariah sebesar Rp 278 M," ungkapnya.


Arief yang dikabarkan akan mengakhiri jabatan Pinwil Pegadaian Kanwil 1 Medan per 31 Desember 2023, berujar, telah menuntaskan kewajiban yang ditargetkan Pusat sejak bulan September 2023.


"Sejak bulan September sudah tercapai target yang telah ditetapkan manajemen kantor pusat. Walau demikian kami (Pegadaian) senantiasa melayani nasabah dan masyarakat dengan gairah militansi dan semangatnya Anak Medan, ribak sude-lantak laju melayani masyarakat Sumatera Utara hingga Aceh hingga tutup tahun pada 31 Desember 2023. Dan kami yakin akan juara," cetusnya.


Keberadaan Pegadaian tidak hanya sebatas berorientasi pada laba dan bisnis, melainkan berperan aktif dalam bidang sosial. Seperti kegiatan penanaman terumbu karang di Sabang, pembinaan Bank Sampah memilah sampah menjadi emas.


Berbagai program bina lingkungan yang disalurkan diharapkan dapat langsung dirasakan masyarakat. Seperti pembangunan dan renovasi rumah ibadah, santunan anak yatim melalui program Mengetuk Pintu Langit dengan target 2023 anak yatim yang tersebar di 50 kantor cabang wilayah Sumut-Aceh.


Dalam kesempatan itu, Deputi Bisnis Medan 1 Anwar Hidayat mengajak insan jurnalis dan juga masyarakat untuk bergabung menjadi agen Pegadaian.


"Ada tiga keagenan yang ditawarkan Pegadaian. Yakni agen pemasaran, agen pembayaran, dan agen gadai. Ketiga jenis agen tersebut memiliki keuntungan yang berbeda-beda," ucapnya.


Agen pemasaran misalnya, berpeluang mendapatkan keuntungan berupa pendapatan administrasi dan sukses fee. Sementara agen pembayaran akan mendapatkan keuntungan pendapatan administrasi, sukses fee, pendapatan pembukaan tabungan emas, pendapatan top up tabungan emas, serta pendapatan transaksi payment point.


Kemudian, agen gadai akan mendapatkan keuntungan yang lengkap meliputi pendapat administrasi, sukses fee, pendapatan pembukaan tabungan emas, pendapatan top up tabungan emas, pendapatan transaksi payment point, dan share sewa modal.


"Melalui keberadaan Agen Pegadaian dan Aplikasi Pegadaian Digital, diharapkan masyarakat dan nasabah dapat lebih leluasa serta dimudahkan dalam bertransaksi ragam produk Pegadaian guna memenuhi kebutuhan layanan keuangan sehari-hari," pungkasnya. (sac/ans)