Notification

×

Iklan

KPU Sumut: Media jadi Mitra Penting Untuk Tingkatkan Partisipasi Pemilih

Selasa, 05 Desember 2023 | 12:18 WIB Last Updated 2023-12-05T05:18:02Z

Komisioner KPU Sumut Robby Effendi membuka Diskusi dan Peningkatan peran Media pada Pemilu 2024. (Foto: Istimewa)

ARN24.NEWS
– Keberadaan media menjadi bagian penting dalam menyukseskan jalannya pemilu 2024. Sebab, keberadaan media menjadi saluran informasi bagi masyarakat terkait seluruh tahapan pemilu termasuk sosok-sosok yang menjadi peserta pada pemilu itu sendiri.


Hal itu disampaikan Komisioner KPU Sumatera Utara (Sumut) dari Divisi SDM, Robby Effendi saat membuka ‘Diskusi dan Peningkatan Peran Media pada Pemilihan Umum Tahun 2024’ di Hotel Emerald, Medan, Selasa (5/12/2023).


“Dalam beberapa kesempatan rakor di KPU Pusat, selalu ditegaskan bahwa pers sebagai mitra strategis dalam menyambung informasi kegiatan KPU demi peningkatan partisipasi pemilih,” katanya didampingi anggota KPU Sumut lainnya Raja Ahab dan Sitori Mendrofa.


Robby menjelaskan, diskusi yang digelar ini diharapkan menghasilkan berbagai masukan mengenai pola-pola kerjasama antara KPU Sumatera Utara dengan kalangan media. Hal ini menjadi penting mengingkat KPU Sumut juga memiliki tugas menyukseskan pemilu termasuk beban moral untuk meningkatkan partisipasi pemilih.


“Hanya saja perlu kita pahami bersama bahwa KPU ini berbeda dengan instansi lain yang dipimpin seorang dengan sebutan jabatan kepala. Kalau kami pimpinannya disebut ketua yang artinya semua kebijakan harus dibicarakan untuk diputuskan,” ungkapnya.


Selain itu, melalui kegiatan ini KPU Sumut juga berharap peran serta dari seluruh kalangan media dalam mempublikasikan berbagai kegiatan yang sudah mereka lakukan berkaitan dengan tahapan pemilu. 


Diantaranya yakni rekrutmen KPPS yang akan berlangsung pada 11 Desember 2023 mendatang hingga informasi mengenai pergerakan distribusi pemilu 2024 yang sudah mulai berjalan ke beberapa daerah. (rml/ans)