Notification

×

Iklan

Biliar Sumut Optimis Rebut 5 Medali Emas PON 2024, Ini Syaratnya

Jumat, 08 Desember 2023 | 18:23 WIB Last Updated 2023-12-08T11:23:12Z

Tim Biliar PON Sumut berfoto bersama di sela berlatih dalam pelatda menuju persiapan arena bergengsi empat tahunan tersebut. (Foto: Istimewa)

ARN24.NEWS
– Pengurus Provinsi Persatuan Olahraga Biliar Seluruh Indonesia (Pengprov POBSI) Sumatera Utara (Sumut) optimis meraih medali emas PON 2024.


Namun hal itu akan terwujud jika pemerintah yakni Dispora Sumut segera membantu sarana pelatihan yang standar seperti stik dan kain pelapis meja biliar.


Hal tersebut disampaikan Ketua Umum POBSI Sumut Salomo TR Pardede pada pertemuan visitasi menuju PON XXI/2024  di Pusat Latihan POBSI Sumut Jalan S. Parman Medan, Jumat (8/12/2023).


Hadir pada pertemuan tersebut perwakilan Disporasu Isnaniyah SM dan Indah, Wasping Koni Sumut cabor biliar Pujianto, pelatih serta para atet. 


Menurut Salomo Pardede, dua peralatan yang dibutuhkan itu sangatlah membantu untuk mencapai prestasi yang diharapkan.


“Kalau memakai alat yang standar, akurasi pukulan akan semakin baik" ujar Salomo. 


“Target kita masih tetap lima medali emas, ukurannya dari hasil perolehan lima medali perak dan 7 perunggu di PON Papua 2021 lalu, bisa dinaikan minimal 5 emas 7 perak,” yakin Salomo lagi seraya menjelaskan bahwa atlet yang akan diturunkan pada PON nanti sebanyak 20 orang dari 22 nomor yang dipertandingkan.


Untuk mencapai target tersebut, Pengprov POBSI selama tahun 2023 sudah mengirimkan atletnya untuk mengikuti kejuaraan di tanah air serta turnamen Internasional seperti ke India, Thailand, Jepang, Singapura dan terakhir pada akhir November lalu di Malaysia. 


Salomo mengakui, keikutsertaan bertanding di berbagai provinsi dan luar negeri selain untuk menaikkan peringkat nasional juga sekaligus mengukur kemampuan pebiliar Sumut selama menjalani pelatda.


“Kami menyampaikan apresiasi kepada pemerintah melalui KONI Sumut yang kerap membantu ketika para atlet mengikuti kejuaraan atau turnamen," jelasnya. 


Perwakilan Dispora Sumut, Isnaniyah mengaku salut terhadap kepemimpinan Salomo yang sangat peduli dan tegas dalam membina cabang olahraga biliar. 


“Kita bangga dan yakin prestasi olahraga Sumut meningkat, jika ada beberapa orang pengurus cabor lain seperti pak Salomo," kata Isnaniyah. 


Terkait masalah permohonan pengadaan peralatan yang diajukan ke Dispora, Isnaniyah menjelaskan, bahwa permohonan sudah diproses oleh bidang-bidang yang menanganinya.


“Hampir semua cabang olahraga mengeluhkan soal peralatan latihan, tapi pihak Disporasu terus berusaha untuk memberikan bantuan ke cabor masing-masing,” pungkasnya. 


Sementara pengawas dan pendampingan (wasping) KONI Sumut, Pujianto juga mengapresiasi semangat Ketua POBSI Sumut Salomo Pardede yang sangat peduli terhadap kebutuhan atlit diantaranya memberikan penginapan atau tempat tinggal gratis bagi atlet yang berasal dari luar Kota Medan. (sh)