Notification

×

Iklan

Riset: Hindari 5 Makanan Ini Bisa Menguras Energi

Kamis, 02 November 2023 | 14:01 WIB Last Updated 2023-11-02T07:01:49Z

ARN24.NEWS --
Tubuh manusia merupakan cerminan dari apa yang dimakan atau dikonsumsinya. Ternyata tidak semua makanan yang dikonsumsi dapat menambah energi, ada juga yang justru membuat kelelahan.

Dilansir detikFood dari Health Shots ada lima jenis makanan yang ketika dikonsumsi justru membuat kelelahan dan tak baik untuk tubuh. Apa saja itu? simak ulasannya sampai akhir ya!

1. Gorengan
Makanan yang digoreng sangat membahayakan kesehatan karena penuh dengan lemak jenuh. Hal itu ini bisa menyumbat arteri dan menurunkan aliran darah. Kondisi tersebut kemudian akan mengganggu proses pengiriman oksigen ke sel-sel tubuh. Selain itu, sistem pencernaan membutuhkan banyak energi untuk mencerna gorengan.

Hal tersebut bisa menyebabkan kamu kelelahan. Sebagai gantinya, kamu bisa mengonsumsi makanan yang dipanggang untuk menjaga energi tetap stabil.

2. Camilan Manis
Makanan dan minuman manis yang dikonsumsi dapat memberikan efek samping. Salah satunya menguras energi sehingga membuat cepat lelah. Menurut ahli nutrisi Avni Kaul, makanan dan minuman manis akan memberikan lonjakan energi yang cepat. Namun, juga akan diikuti dengan penurunan energi dengan cepat.

"Jika dikonsumsi berlebihan, gula akan menyebabkan lonjakan dan penurunan insulin. Ini akan membuat kamu merasa lelah dan merusak suasana hati," tuturnya.

3. Makanan Olahan
Makanan yang terlalu banyak tersentuh tangan manusia atau olahan tidak baik untuk kesehatan. Sebab, makanan olahan tersebut biasanya tinggi akan garam, lemak tidak sehat dan dikemas dengan pengawet.

Kandungan tersebut menyebabkan rasa lelah dan membuat kamu kehilangan energi. Selain itu, kandungan itu juga bisa meningkatkan risiko depresi pada seseorang. Karenanya, sebaiknya ganti makanan olahan tersebut dengan pilihan makanan alami dan utuh. Mulai dari sayuran, protein tanpa lemak, dan biji-bijian yang akan memberikan energi.

4. Alkohol
Mengonsumsi alkohol secara berlebihan juga bukan pilihan yang tepat. Alkohol bisa menyebabkan tubuh dehidrasi atau kekurangan cairan. Kondisi tersebut akan mengganggu kemampuan hati untuk mengatur kadar gula darah, sehingga tubuh akan kehilangan energi. Selain itu, bisa mengganggu pola tidur.

5. Kafein
Sebenarnya kafein bisa meningkatkan energi. Namun, jika dikonsumsi secara berlebihan justru bisa menguras energi. Ahli gizi Avni Kaul menjelaskan bahwa kafein dapat menyebabkan siklus ketergantungan. Hal ini dapat mengganggu pola tidur. Kondisi seperti itulah yang menyebabkan kamu terasa lelah. Karenanya jaga konsumsi kafein dan pastikan agar tidak mengonsumsi secara berlebihan. (dth/nt)