Notification

×

Iklan

Riset: 5 Penyakit Kronis Bisa Dicegah Jika Rutin Minum Kopi

Selasa, 07 November 2023 | 15:25 WIB Last Updated 2023-11-07T08:25:06Z

ARN24.NEWS --
Kopi memiliki kandungan antioksidan dan kafein yang baik untuk tubuh. Jika dikonsumsi secara rutin, minum kopi ternyata bisa mencegah lima penyakit kronis. Beberapa menyebut kopi juga dinyatakan sebagai minuman yang berkhasiat untuk kesehatan apabila tidak dikonsumsi berlebihan. Manfaat kopi didapatkan dari kandungan biji kopi yang berasal dari buah ceri kopi dengan berbagai komposisi kimia alaminya.

Dilansir detikFood Selasa (7/11/2023), pada 1991 World Health Organization (WHO) mendeklarasikan hasil penelitian selama 25 tahun dengan menyebut kopi dapat mengurangi risiko beberapa jenis kanker. .
"Kopi memiliki ribuan komponen termasuk asam organik, asam amino, dan antioksidan yang dapat melindungi tubuh dari risiko perkembangan kondisi penyakit kronis tertentu," kata Ahli Gizi di Methodist Dallas, Carey Shore.

5 Jenis Penyakit Kronis: 
1. Diabetes Tipe 2
Diabetes tipe 2 menjadi salah satu penyakit yang banyak dialami oleh orang dewasa hingga lanjut usia di Indonesia. Kegagalan tubuh memproduksi insulin yang cukup membuat kadar gula darah sulit untuk dicerna oleh tubuh.

Ada kandungan mineral tertentu pada kopi yang dapat mencegah dan mengendalikan risiko diabetes tipe 2. Komponen ini merupakan magnesium yang dapat meningkatkan efektivitas produksi insulin dan metabolisme glukosa di dalam tubuh.

"Kopi memiliki kandungan magnesium, yang diketahui dapat meningkatkan efektivitas insulin hingga metabolismenya di dalam tubuh," kata Carey.

2. Kanker Usus
Tidak hanya penting untuk pencernaan, usus yang sehat juga dapat mempengaruhi otak hingga imunitas tubuh. Konsumen kopi yang minum 1 hingga 3 cangkir kopi setiap hari konon akan mengalami stimulasi pergerakan usus besar yang lebih baik.

Hasilnya pencernaan akan terjaga kelancarannya dan kadar karsinogen di dalam usus akan berkurang. Ketika usus bergerak lebih aktif maka sisa makanan dan kotoran akan lebih mudah didorong keluar dari sisa pencernaan.

Carey mengatakan kopi juga dapat menstimulasi produksi asam empedu yang bermanfaat untuk pencernaan. Komponen ini dapat membantu memecah kolesterol terutama jika diseruput pada pagi hari.

3. Batu Empedu
Selain batu ginjal ada juga gangguan berupa batu empedu yang sama berbahaya. Empedu dibutuhkan oleh tubuh untuk memproduksi cairan empedu yang dapat membantu melarutkan kolesterol yang masuk melalui asupan makanan.

Tetapi ketika bekerja terlalu keras cairan empedu dapat membeku menjadi kristal yang mengendap. Asupan kopi yang masuk ke dalam tubuh dapat meningkatkan aliran empedu menjadi lebih lancar dan mencegah terbentuknya kristal.

Pada sebuah penelitian yang dilakukkan selama 8 tahun lamanya menemukan bahwa konsumsi 6 cangkir kopi per hari dapat menurunkan risiko batu empedu hingga 23%. Selain itu pada peminum kopi ringan juga mengalami penurunan risiko 3%-17%. Penelitian ini telah dibuktikan dengan melibatkan lebih dari 100.000 partisipan.

4. Gangguan Hati
Pasien yang divonis mengalami risiko tinggi terhadap gangguan kesehatan hati atau liver sangat dianjurkan untuk konsumsi kopi. Pernyataan ini telah dibuktikan oleh sebuah penelitian pada 2021 yang melibatkan hingga 500 ribu orang partisipan dalam pengamatannya.

Para peneliti mendapatkan kesimpulan bahwa orang yang minum 2 sampai 3 cangkir kopi sehari akan mengalami penurunan risiko kanker hati. Bahkan termasuk pada beberapa komplikasi yang bisa terjadi seperti kanker endometrium, fibrosis, hingga sirosis yang harus ditangani secara medis dengan tepat.

5. Penyakit Jantung
Penyakit jantung menjadi salah satu penyebab kematian terbesar bagi orang dewasa menurut para peneliti. Tetapi hasil pengamatan tersebut juga membuktikan bahwa pria dan wanita yang rutin minum kopi memiliki risiko yang lebih rendah.

"Kopi berkaitan dengan menurunkan risiko gangguan metabolis yang salah satunya meningkatkan penyakit jantung dan stroke yang berbahaya," ungkap Shore.

Setidaknya untuk mendapatkan khasiat sehat kopi terhadap jantung disarankan untuk konsumsi 2 cangkir kopi per hari. Efeknya disebut dapat menurunkan risiko gangguan kardiovaskuler, penyakit jantung koroner hingga kegagalan jantung. (dth/nt)