Notification

×

Iklan

Ini Taktikal Miftahudin Mukson Hingga Beri Kemenangan Perdana Untuk PSMS

Minggu, 12 November 2023 | 11:04 WIB Last Updated 2023-11-12T04:04:49Z

Pelatih PSMS Medan, Miftahudin Mukson yang akhirnya memberikan kemenangan perdana untuk PSMS. (Foto: Istimewa)

ARN24.NEWS
– Sempat imbang 1-1 menghadapi Sada Sumut FC di babak pertama, PSMS Medan akhirnya mampu mencetak gol kemenangan enam menit babak kedua berjalan pada laga di Stadion Teladan Medan, Sabtu (11/11/2023) sore itu, dari kaki striker asing Jose Valencia.


Untuk diketahui, pertandingan perdana putaran 2 Liga 2 2023/2024 melawan Sada Sumut FC itu menjadi kemenangan perdana bagi coach Miftah untuk PSMS setelah berakhir dengan skor 2-1. 


Dua gol PSMS Medan diciptakan Fardan Harahap menit ke-2 dan Jose Valencia, menit ke-51. Sementara, satu gol Sada Sumut FC diciptakan Aidun Sastra, menit ke-38.


Menanggapi raihan 3 poin itu, Pelatih PSMS Medan, Miftahudin Mukson, mengaku berani mengambil resiko dengan memasukkan lima pemain baru termasuk 2 pemain asing sebagai starter. Guntur Triaji, Munadi, dan Sandeni Sidabutar dipasang sebagai starter di laga debut tersebut.


Sempat unggul lewat gol sepakan spekuladi Fardan Harahap, namun selanjutnya tim Ayam Kinantan gagal memperbesar keunggulan dan malah kebobolan menit ke-38. Menurut Coach Miftah, sapaan Miftahudin, hal itu terjadi lantaran taktikal yang tak berjalan.


"Pasti masalah evaluasi, makanya saat taktikal di babak pertama tidak berjalan, saya berusaha berikan informasi dari pinggir lapangan supaya bisa. Karena kalau saya terlalu buru-buru pergantian, juga akan merugikan bagi tim kan," kata coach Miftah, Minggu (12/11/2023).


Strategi memasukkan dua pemain pengganti, Ichsan Pratama dan Ikhsan Chan, mengganti Ridho Syuhada dan Sandeni Sidabutar di awal babak kedua berbuah manis. Satu gol membuat PSMS kembali unggul akhirnya tercipta.


"Akhirnya di babak kedua saya melakukan perubahan taktik dan Alhamdulillah bisa menghasilkan gol. Artinya di situ sudah menjadi wacana evaluasi tim ini harus tetap berjalan," ucapnya.


Sadar akan kelemahan tersebut, coach Miftah pun menyasar pada penambahan pemain baru. Menurutnya, kehadiran seorang pemain lagi diyakini membuat PSMS Medan akan lebih baik di pertandingan mendatang.


"Masih ada slot satu pemain lagi, kita upayakan supaya tim ini bisa lebih baik lagi," ucapnya.


Di sisi lain, pelatih berpangkat Mayor CPM itu juga mengapresiasi performa dua pemain asing PSMS Medan, bek Gisu-Kim (Kim Ki-Su) dan penyerang Jose Valencia. Bahkan, coach Miftah berani menyebut 2 pemain asing PSMS itu merupakan rekrutan terbaik PSMS musim ini.


"Pemain asing saya kira bagus, adaptasi cepat sekali. Saya kira pembelian paling berhasil bagi PSMS Medan, yang lain menyesuaikan. Di Liga 2 pemain asing mengangkat tim, tim ini akan progres bagus," yakinnya.


Coach Miftah kembali bersyukur, kendati dia menyebut kemenangan PSMS tersebut diraih dengan catatan.


"Saya hanya bisa bersyukur, kemenangan dengan catatan, dan catatan itu adalah bahan evaluasi yang bagus untuk ke depan," ungkapnya.


Usai laga ini, PSMS akan melakoni laga berat dengan bertanding ke Persiraja Banda Aceh di Stasion Harapan Bangsa yang akan digelar pada 18 November 2023 mendatang. (sh)