Notification

×

Iklan

42 Peserta Lulus, UKW PWI Sumut Angkatan 59 dan 60 Sukses

Rabu, 08 November 2023 | 20:48 WIB Last Updated 2023-11-08T13:48:36Z

Penutupan kegiatan UKW, di Hotel Swiss Bellin Jalan Gajah Mada, Medan yang berakhir dengan sukses. (Foto: Istimewa)

ARN24.NEWS
– Hari terakhir pelaksanaan Uji Kompetensi Wartawan (UKW) ditandai dengan selesainya semua materi yang diberikan penguji. 


Ada 10 materi yang diujikan kepada para peserta, dimana setiap materinya harus mendapat nilai minimal 70, agar mendapatkan kelulusan sebagai wartawan yang memiliki kompetensi dalam UKW yang diselenggarakan oleh PWI Sumut.


Penutupan kegiatan UKW, di Hotel Swiss Bellin Jalan Gajah Mada, Medan, Rabu (8/11/2023) sekitar pukul 13.00 WIB, dibuka dengan pengumuman jumlah peserta yang lulus dalam UKW ini.


Dimana dari total peserta yang terdaftar sebanyak 60 orang, sebanyak 12 orang tidak masuk, 6 orang dinyatakan tidak kompeten/tidak lulus dan 42 orang dinyatakan lulus.


Dalam pidato penutupan oleh Ketua PWI Sumut, H. Farianda Putra Sinik, SE, dikatakannya bahwa dirinya merasa sangat menyesalkan adanya peserta yang terdaftar gugur atau tidak hadir.


Padahal PWI Sumut telah berusaha maksimal agar setiap wartawan di Sumut khususnya di Kota Medan memiliki peluang yang besar untuk mengikuti UKW tanpa dipungut biaya.


Masih kata Farianda, dalam UKW ini ada sebagian peserta yang berasal dari luar Kota Medan, seperti Kota Siantar, Labuhan Batu, dan lainnya, karena di wilayah luar pulau Sumatera, bagi wartawan yang ingin UKW rela mengeluarkan kocek hingga jutaan rupiah.


"Bagi peserta yang belum kompeten masih ada kesempatan 6 bulan ke depan untuk kembali mengikuti UKW, akan kita prioritaskan," ujar Ketua PWI Sumut.


Penutupan secara simbolis dilakukan oleh Ketua Umum PWI Pusat, yang diwakili oleh Firdaus, Direktur UKW Pusat.


Dalam sambutan singkatnya, diharapkan wartawan yang lulus akan mendapat suatu pengetahuan ilmu jurnalistik, menjadi wartawan yang profesional dalam penulisan berita sesuai kode etik jurnalistik (KEJ). (gus)