Notification

×

Iklan

Warga Tembung dan Usbat Ganjar Sumut Bersihkan Lingkungan Mencegah Banjir

Rabu, 25 Oktober 2023 | 11:21 WIB Last Updated 2023-10-25T04:21:46Z

Aksi gotong royong bersama warga dan Ustaz Sahabat Ganjar Sumut untuk membersihkan jalan di Kelurahan Indra Kasih, Kecamatan Medan Tembung. (Foto: Istimewa)

ARN24.NEWS
– Sukarelawan Ustaz Sahabat (Usbat) Ganjar Sumatera Utara (Sumut) mengadakan aksi gotong royong bersama warga untuk membersihkan jalan di Kelurahan Indra Kasih, Kecamatan Medan Tembung, Kota Medan, Sumut, pada Selasa (24/10/2023).


Warga dan para relawan nampak kompak membersihkan sampah di sepanjang jalan yang mereka susuri. Bukan hanya sampah, mereka juga memangkas rumput-rumput yang tumbuh liar di sepanjang jalan. 


Salah satu warga, Iin Suhemi menyambut baik adanya gotong royong bersama relawan Usbat Ganjar. Dia mengatakan, rekan-rekannya sangat bersemangat saat ikut dalam kegiatan bersih-bersih. 


Menurutnya, aksi ini bagus untuk menyingkirkan sampah penyebab banjir yang beberapa waktu terakhir kerap terjadi di daerahnya. 


"Sementara ini kami memang sering kena banjir, karena mungkin sampah buang sembarangan. Parit-parit itu kadang sumbat. Dengan gotong royong ini kan mudah-mudahan nanti selanjutnya bisa lancar," kata Iin. 


Dia juga berterima kasih pada relawan atas pemberian bantuan alat-alat kebersihan. Iin mengatakan, bantuan tersebut bisa dimanfaatkan untuk kegiatan bersih-bersih berikutnya. 


Iin juga berharap akan adanya kembali bantuan dan dukungan dari relawan Usbat Ganjar terhadap masyarakat di wilayahnya. 


"Kami sangat senang sekali dengan diberinya alat-alat gotong royong ini, bisa kami manfaatkan untuk selanjutnya," katanya. 


Sementara, Koordinator Daerah Usbat Ganjar Kota Medan, Ahmad Dairobi dalam keterangannya, Rabu (25/10/2023) mengatakan, aksi ini menjadi wujud dari pelaksanaan salah satu hadis dalam Islam yang menyatakan bahwa kebersihan dari iman. 


"Dengan kebersamaan ini insyaallah kita tahu bahwa kebersihan itu sebagian dari iman. Annadhafatu Minal Iman," jelasnya. 


Selain guna membuat lingkungan menjadi lebih bersih, aksi ini diharapkan juga bisa memupuk rasa kekeluargaan antar masyarakat. 


Ketika masyarakat secara kompak bersama-sama membersihkan lingkungan untuk kepentingan bersama, hal itu disebut Dairobi bisa memperkuat ukhuwah atau persaudaraan. 


"Dengan gotong royong bersama-sama, persaudaraan atau ukhuwah tentu akan lebih kuat, lebih dekat antar sesama warga yang ada di lingkungan ini," kata Dairobi. (sh)