Notification

×

Iklan

Penelitian: Ayah Punya Anak Perempuan Miliki Angka Hidup Lebih Lama, Benarkah?

Senin, 23 Oktober 2023 | 11:32 WIB Last Updated 2023-10-23T04:32:04Z
Ilustrasi.

ARN24.NEWS --
Sebuah penelitian menemukan ayah yang memiliki anak perempuan cenderung hidup lebih lama dibandingkan mereka yang tidak punya, situs berita Wion News.

Penelitian ini dilakukan oleh sekelompok peneliti dari Universitas Jagiellonian di Polandia. Penelitian menganalisis data demografi dari 4.310 individu yang terdiri dari 2.147 ibu dan 2.163 ayah.

Kelompok penelitian tersebut meneliti jumlah anak dan membedakan antara anak perempuan dan laki-laki untuk melihat potensi dampaknya terhadap usia ayah.

Hasil penelitian menemukan bahwa jumlah anak atau jumlah anak laki-laki tidak berpengaruh signifikan terhadap angka harapan hidup ayah. Di sisi lain, terdapat korelasi yang signifikan antara jumlah anak perempuan dan usia ayah.

Temuan utama penelitian ini menunjukkan bahwa ayah yang memiliki anak perempuan cenderung hidup lebih lama.

Penelitian yang sama juga menemukan tren menarik, yaitu semakin banyak anak perempuan yang dimiliki seorang ayah, maka semakin panjang pula usia harapan hidupnya.

Faktanya, data menunjukkan bahwa untuk setiap anak perempuan yang lahir, angka harapan hidup seorang ayah meningkat rata-rata 74 minggu. (hdy/nt)