Notification

×

Iklan

DP3AKB Sumut Tetapkan SMAN 8 Medan Sebagai Sekolah Siaga Kependudukan

Rabu, 25 Oktober 2023 | 18:57 WIB Last Updated 2023-10-25T11:57:49Z

Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 8 Medan menerima sosialisasi tentang Sekolah Siaga Kependudukan (SSK) dari Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DP3AKB) Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Utara (Sumut). (Foto: Istimewa)


ARN24.NEWS
- Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 8 Medan menerima sosialisasi tentang Sekolah Siaga Kependudukan (SSK) dari Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DP3AKB) Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Utara (Sumut).


Kepala SMAN 8 Medan Dra. Rosmaida Asiana Purba, M.Si menyampaikan rasa terima kasih kepada tim dari SSK Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana yang memberikan sosialisasi kependudukan kepada keluarga besar SMAN 8 Medan.


"Kami bersyukur dan mengucapkan terima kasih dari DP3AKB yang datang memberikan arahan dan pendidikan kepada keluarga besar SMAN 8 Medan. Harapan kami peserta didik dan bapak/ibu guru mengimplementasikan materi kependudukan yang disampaikan oleh pemateri," kata Dra. Rosmaida Asiana Purba, M.Si saat kegiatan berlangsung dihadiri 50 peserta didik perwakilan setiap kelas dan guru di Aula SMAN 8 Medan, Rabu (25/10/2023).


Ia mengharapkan agar para peserta kegiatan SKK dapat mendengar dengan baik dan mengerti makna yang disampaikan.


"Kegiatan yang sudah berlangsung baik, hikmat dan sukses ini semoga dapat berguna bagi anak- anak kami dan bapak/ibu guru," tutur Rosmaida.


Dalam kegiatan itu, hadir sebagai pemateri yakni Kepala Bidang Pengendalian Penduduk DP3AKB Laura Ance Sinaga, SKM, MHSM, MPH dalam materinya menuturkan bahwa isu pengendalian pendudukan tidak memperoleh sambutan positif  di pemerintah provinsi maupun kabupaten/kota.


"Tanggung jawab kita bapak/ibu guru semakin berat, sekarang masalah anak semakin kompleks dari kasus bullying, kekerasan dan lainnya hingga diterbitkan Permendikbud Ristek Dikti Nomor 46 Tahun 2023 tentang Pencegahan dan Penanganan Kekerasan di Lingkungan Satuan Pendidikan," ujarnya.


Disamping itu, imbuh Laura, kepedulian masalah isu kependudukan di Sumatera Utara sangat rendah, masih kategori Q 1,  kepedulian rendah.


Perspektif pengetahuan merupakan, tutur Laura yang menempuh pendidikan jenjang S2 dari Monash University Melbourne Australia dan Royal Tropical Institute Amsterdam, dasar untuk mengukur sikap dan perilaku masyarakat untuk terwujudnya kepedulian terhadap masalah kependudukan oleh sebab itu perlunya kepedulian terhadap isu kependudukan.


"Terima kasih sudah diberikan kesempatan sosialisasi kependudukan. SMAN 8 Medan telah ditetapkan sebagai Sekolah Siaga Kependudukan (SSK), diharapkan bapak/ibu guru memasukan SSK dalam pembelajaran dan membuat pojok - pojok SSK di SMA N 8 Medan hingga menjadi paripurna," pungkasnya. (rfn)