Notification

×

Iklan

Kualifikasi Eropa, Ukraina VS Inggris: Konsentrasi Penuh (LIVE RCTI SABTU MALAM PUKUL 23.00 WIB)

Sabtu, 09 September 2023 | 12:33 WIB Last Updated 2023-09-09T05:33:25Z

ARN24.NEWS --
Timnas Inggris bertandang ke Ukraina dalam lanjutan Kualifikasi EURO 2024 berlangsung di Stadion Miejski Wrocław, Polandia, Sabtu (9/9/2023) pukul 23.00 WIB. Laga mengarah pada kemenangan The Three Lions yang masih sempurna di klasemen Grup C Kualifikasi EURO 2024. 

Inggris berupaya melanjutkan tren positif setelah mereka menyapu bersih 4 laga pertama dengan kemenangan. The Three Lions kini bertengger di posisi teratas klasemen Grup C dengan raihan 12 poin. Sebaliknya, Ukraina bertekad melakukan revans atas Inggris usai takluk 2-0 di pertemuan pertama. 

Itu jadi satu-satunya kekalahan Tim Biru Kuning dalam 3 laga terakhir. Dalam 2 laga lain, Ukraina meraih kemenangan 1-0 atas Malta dan 2-3 atas Makedonia Utara. Ukraina kini menempati urutan 2 klasemen Grup C dengan raihan 6 poin. Posisi mereka tentu saja belum aman, lantaran Italia di posisi ke-3 dengan 3 poin baru berlaga 2 kali. 

Ukraina juga belum menghadapi Italia sejauh ini. Timnas Inggris cukup banyak melakukan perubahan komposisi tim jelang lanjutan Kualifkasi EURO 2024 pada September 2023. Levi Colwill dan Eddie Nketiah akan jadi nama yang berpeluang menjalani debut di level senior. 

Menilik laga kontra Ukraina, sektor belakang relatif akan jadi tantangan untuk pelatih Inggris, Gareth Southgate. 2 pemain yang menjadi starter di laga internasional terbaru, Luke Shaw dan John Stones, harus menepi karena cedera. Southgate mengakui, pilihan untuk posisi tersebut kian terbatas. 

Southgate harus memutar otak untuk mencari pengganti sepadan Luke Shaw di flank kiri. Sementara itu, di sektor bek tengah, sang juru taktik masih harus berjudi dengan tetap memanggil Harry Maguire, kendati sang pemain diragukan dapat meningkatkan level permainan. Maguire masih jadi pemain paling berpengalaman di sektor bek tengah. 

Sebab, di kesempatan yang sama, Southgate memanggil sejumlah pemain minim jam terbang di level timnas. “Tidak banyak bek kiri Inggris yang bermain di level tertinggi. Mungkin ada satu atau dua pemain lain yang kami pertimbangkan di area tersebut seiring berjalannya musim,” katanya dilansir dari laman Timnas Inggris. 

“Kami telah kehilangan banyak pemain berpengalaman di sektor bek tengah. Masih ada ruang di sana, dan untuk dua pertandingan nanti,” tambahnya. Situasi berbeda tampaknya terjadi di sektor depan dan tengah. Southgate relatif tak memiliki masalah berarti di lini tersebut. 

Sang pelatih bahkan terpaksa mencoret nama Raheem Sterling kendati winger Chelsea menurutnya masih layak diperhitungkan. “Ini keputusan yang sulit dan Raheem tidak terlalu senang dengan hal itu. Tapi di sektor penyerangan, tepat di belakang pemain nomor 9, kami memiliki banyak persaingan,” terangnya. Patut disorot tentu penampilan apik Jude Bellingham yang bisa jadi amunisi tambahan untuk memperkuat penyerangan. 

Memulai musim baru bersama Real Madrid, Bellingham memiliki peran anyar sebagai pemain dengan posisi dan atribut lebih ofensif. Bellingham menjelma jadi pemain tajam dengan total 5 gol dan 1 assist di 4 laga perdana musim 2023/2024. Dan kini, Southgate berpeluang menerapkan perubahan Bellingham di level timnas sebagaimana yang dilakukan Carlo Ancelotti di Real Madrid. 

Lini serang Inggris diwaspadai kiper Ukraina, Anatoly Tubin. Apalagi, berkaca pada pertemuan pertama. Saat itu, Inggris menggempur Ukraina lewat 18 tembakan (8 on target) yang menghasilkan 2 gol untuk kemenangan The Three Lions. Tubin di pertemuan pertama bahkan harus melakukan 6 penyelamatan. 

Fakta lain, seluruh tembakan Inggris diciptakan dari dalam kotak penalti. “Menurut saya masing-masing pemain timnas Inggris punya tembakan bagus, beberapa karakteristik lain yang unik darinya. Ini adalah pemain tingkat atas. Penting untuk bersiap menghadapi bahaya dari masing-masing dari mereka dan, secara umum, dari seluruh tim lawan,” katanya dilansir dari laman federasi sepak bola Ukraina, UAF. 

Tentu saja Ukraina ingin mendapatkan hasil baik. Pasalnya, laga Inggris akan jadi salah satu persiapan jelang menghadapi duel tak kalah berat melawan Italia.

Catatan ARN24.NEWS 
 
Ukraina masih diharuskan menjalani laga-laga kandangnya di tempat netral. Menjamu Inggris, mereka akan main di Polandia. Di grup ini, Ukraina telah mengumpulkan enam poin dari tiga pertandingan hasil dua kali menang dan sekali kalah. 

Satu-satunya kekalahan itu adalah 0-2 lawan Inggris di laga pertama mereka. Waktu itu, Ukraina takluk di Wembley oleh gol-gol Harry Kane dan Bukayo Saka. Setelah kalah dari Inggris, Ukraina berturut-turut menaklukkan tuan rumah Makedonia Utara 3-2 dan menang 1-0 menjamu Malta. Dari empat gol yang dicetak Ukraina sejauh ini, Viktor Tsygankov menyumbang dua.

Sementara itu, Inggris sudah memainkan empat pertandingan dan selalu menang. Selain masih sempurna, Inggris juga telah mencetak total 15 gol dan baru sekali kebobolan. Inggris masih tak terkalahkan atas Ukraina dalam 4 beruntun, dengan 3 kali menang dan 1 kali imbang. 

Sedangkan terakhir Ukraina mengandaskan Inggris ialah pada 2009 silam di laga Kualifikasi Piala Dunia zona Eropa. Ukraina tanpa kemenangan dalam 5 laga terakhirnya melawan Inggris. Ukraina cuma kalah 1 kali dalam 13 laga terakhirnya di Kualifikasi Euro. Inggris selalu menang dalam 7 laga terakhirnya di Kualifikasi Euro. Inggris selalu mencetak minimal 2 gol dalam 7 laga terakhirnya di Kualifikasi Euro.

Inggris selalu clean sheet dalam 3 laga terakhirnya di Kualifikasi Euro. Inggris selalu menang dalam 2 laga terakhirnya melawan Ukraina. Inggris selalu mencetak minimal 2 gol dalam 2 laga terakhirnya melawan Ukraina. Inggris selalu clean sheet dalam 3 laga terakhirnya melawan Ukraina.

PERKIRAAN SUSUNAN PEMAIN: 
Ukraina (4-3-3): Lunin; Mykolenko, Kryvtsov, Zabarnyi, Konoplya; Zinchenko, Stepanenko, Sydorchuk; Tsygankov, Vanat, Yarmolenko. (Pelatih: Serhiy Rebrov) 

Inggris (4-3-3): Pickford; Chilwell, Maguire, Guehi, Walker; Bellingham, Rice, Henderson; Rashford, Kane, Saka. (Pelatih: Gareth Southgate) 

HEAD TO HEAD: 
Ukraina menang: 1
Seri: 2
Inggris menang: 6.

5 PERTEMUAN TERAKHIR: 
26/03/23 Inggris 2-0 Ukraina (Kualifikasi Euro)
04/07/21 Ukraina 0-4 Inggris (Euro)
11/09/13 Ukraina 0-0 Inggris (Kualifikasi Piala Dunia)
12/09/12 Inggris 1-1 Ukraina (Kualifikasi Piala Dunia)
20/06/12 Inggris 1-0 Ukraina (Euro).

5 LAGA TERAKHIR UKRAINA: 
28/09/22 Ukraina 0-0 Skotlandia (UNL)
26/03/23 Inggris 2-0 Ukraina (Kualifikasi Euro)
12/06/23 Jerman 3-3 Ukraina (Friendly)
17/06/23 Makedonia Utara 2-3 Ukraina (Kualifikasi Euro)
19/06/23 Ukraina 1-0 Malta (Kualifikasi Euro).

5 LAGA TERAKHIR INGGRIS: 
11/12/22 Inggris 1-2 Prancis (Piala Dunia)
24/03/23 Italia 1-2 Inggris (Kualifikasi Euro)
26/03/23 Inggris 2-0 Ukraina (Kualifikasi Euro)
17/06/23 Malta 0-4 Inggris (Kualifikasi Euro)
20/06/23 Inggris 7-0 Makedonia Utara (Kualifikasi Euro).

STATISTIK: 
UKRAINA Menang: 15%
Imbang: 17%
INGGRIS Menang: 68%
SKOR: 0 - 2 (1 1/4 : 0). (nt/sumber)