Notification

×

Iklan

Jelang Tahun Politik: Upss...RS Jiwa Sumut Siaga Bagi Caleg Stress

Senin, 04 September 2023 | 15:01 WIB Last Updated 2023-09-04T08:01:24Z

ARN24.NEWS --
Mendekati tahun politik, Rumah Sakit Jiwa (RSJ) di Sumatera Utara (Sumut) yakni Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Prof Dr M Ildrem yang berada di Jalan Tali Air No 21, Medan Tuntungan siap tampung calon anggota legislatif (caleg) yang mengalami gangguan jiwa karena tidak terpilih alias gagal dalam Pemilu 2024.

“Rumah Sakit Jiwa siap menerima caleg yang stress karena gagal. Tapi nanti lah itu pas memasuki Pemilu tidak sekarang ya,” kata Wakil Direktur Umum RSJ, Prof Dr M IIdrem Provinsi Sumut, dr Aris Yudhariansyah, kemarin. 

Tak hanya itu, pihaknya juga siap melayani gangguan mental untuk seluruh masyarakat di Sumut. “Kita siap untuk itu, saat ini kita juga punya fasilitas tempat tidur sebanyak 450 unit,” imbuhnya.

Saat ini, pihaknya juga masih melakukan program strategis yang dikhususkan bagi korban penyalahgunaan narkoba. Penambahan itu berupa ruangan khusus dan tempat tidur bagi pengguna narkotika, psikotropika, dan obat terlarang (napza) tersebut.

“Sesuai dengan data Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) tahun 2018 sebanyak 36.146 jiwa dari usia 15 tahun ke atas. Sumut sendiri berada di posisi ke empat di bawah Provinsi Jawa Tengah, Jawa Timur dan Jawa Barat. Di Sumut sendiri terbesar kasus gangguan jiwanya ada di Medan, Deli Serdang, Simalungun, Asahan dan beberapa tambahan kabupaten lain,” pungkasnya. (mtr/nt)