Notification

×

Iklan

Ini Penyebab Kaum Muda Pengidap Kanker Semakin Meningkat

Sabtu, 09 September 2023 | 14:17 WIB Last Updated 2023-09-09T07:17:51Z

ARN24.NEWS --
Masalah obesitas dan konsumsi alkohol merupakan salah satu faktor yang berkontribusi terhadap peningkatan kasus kanker yang mengkhawatirkan di kalangan generasi muda, demikian menurut sebuah penelitian yang dikutip Kantor Berita Jerman, DPA.

Para peneliti memperkirakan ada peningkatan 79 persen kasus kanker baru di antara mereka yang berusia di bawah 50 tahun antara tahun 1990 dan 2019.  Namun, angka kematian akibat kanker dini di Inggris stabil dari tahun 2010 hingga 2019 dengan angka kematian tahunan akibat kanker dini “terus menurun”.

Sebuah tim dari Universitas Edinburgh dan Fakultas Kedokteran Universitas Zhejiang di Tiongkok menganalisis data dari Studi Beban Penyakit Global tahun 2019 untuk 29 jenis kanker di 204 negara dan wilayah.

Kanker Payudara dan Kematian pada Wanita

Mereka mengamati kasus-kasus baru, kematian, hasil kesehatan, dan faktor risiko di antara orang-orang berusia 14 hingga 49 tahun, dan memperkirakan persentase tahunan setiap tahunnya.

Pada tahun 2019, terdapat 3,26 juta diagnosis kanker baru pada kelompok usia di bawah 50 tahun, meningkat sebesar 79,1 persen sejak tahun 1990. Angka kematian juga meningkat sebesar 27,7 persen.

Menurut para peneliti, meskipun faktor genetik mungkin berperan, merokok, konsumsi alkohol, dan pola makan tinggi daging dan garam namun rendah buah dan susu adalah “faktor risiko utama”, bersama dengan faktor-faktor seperti kelebihan berat badan, rendahnya aktivitas fisik dan gula darah tinggi.

Kanker payudara merupakan proporsi kasus terbesar dengan 13,7 kasus per 100.000 orang, sementara kasus kanker trakea dan prostat tumbuh paling cepat, masing-masing sebesar 2,28 persen dan 2,23 persen per tahun.

Namun, kasus kanker hati dini mengalami penurunan sebesar 2,88 persen setiap tahunnya.  Wilayah dengan tingkat kanker dini tertinggi adalah Amerika Utara, Australasia, dan Eropa Barat.

Penulis studi Dr Xue Li, dari Pusat Kesehatan Global di Institut Usher Universitas Edinburgh, mengatakan meskipun kanker dini di Inggris menunjukkan “tren meningkat” dari tahun 1990 hingga 2010, “tingkat kejadian secara keseluruhan tetap stabil” dari tahun 2010 hingga 2019. .

Dia mengatakan angka kematian tahunan akibat kanker dini di Inggris menurun, sebuah bukti upaya skrining dan pengobatan kanker yang sangat baik selama tiga dekade terakhir.

Publikasi penelitian ini – di Jurnal BMJ Oncology – muncul setelah badan amal Cancer Research UK mengklaim kemajuan dalam perawatan kanker telah membantu menyelamatkan 1,2 juta nyawa di Inggris sejak pertengahan 1980an.

Angka tersebut mencakup sekitar 560.000 kematian akibat kanker paru-paru, 236.000 kematian akibat kanker perut, 224.000 kematian akibat kanker usus, dan 17.000 kematian akibat kanker payudara.

Badan amal tersebut mengatakan kemajuan tersebut bergantung pada kemajuan dalam pencegahan kanker, serta diagnosis dan pengobatan, termasuk perbaikan dalam radioterapi, penggunaan program skrining kanker, pengembangan obat dan penemuan gen.

Dr Claire Knight, manajer informasi kesehatan senior di Cancer Research UK, mengatakan, “tidak sepenuhnya jelas apa yang mendorong peningkatan kanker dini, namun paparan terhadap faktor risiko di awal kehidupan, deteksi kanker yang lebih baik, dan genetika mungkin memainkan peran penting.”
Dr Knight mengatakan kanker masih “sebagian besar merupakan penyakit pada usia lanjut”, namun temuan penelitian ini mungkin “mengkhawatirkan”.

“Kami memerlukan lebih banyak penelitian untuk mempelajari penyebab kanker dini pada jenis kanker tertentu, seperti studi BCAN-RAY kami yang mencari cara baru untuk mengidentifikasi wanita muda yang berisiko tinggi terkena kanker payudara.

“Jika masyarakat mengkhawatirkan risiko kanker mereka, ada banyak cara untuk membantu menguranginya seperti tidak merokok, menjaga pola makan seimbang, banyak berolahraga dan tetap aman dari sinar matahari,” katanya. (hdy/nt)