Notification

×

Iklan

Besok Tol Binjai-Langsa Beroperasi Gratis, Cek Rutenya

Selasa, 19 September 2023 | 17:05 WIB Last Updated 2023-09-19T10:05:41Z

Hutama Karya mengoperasikan Jalan Tol Binjai-Langsa 7,55 km mulai Rabu (20/09/2023) pukul 07.00 WIB tanpa tarif alias gratis. (Foto: dok/hutama karya)

ARN24.NEWS
– Jalan Tol Binjai-Langsa Segmen Stabat-Kuala Bingai sepanjang 7,55 km akan dioperasikan PT Hutama Karya (Persero) mulai besok, Rabu (20/9/2023) pukul 07.00 WIB.


Executive Vice President (EVP) Sekretaris Perusahaan Hutama Karya, Tjahjo Purnomo, mengatakan Jalan Tol Binjai-Langsa dioperasikan tanpa tarif alias gratis.


"Beroperasi mulai besok Rabu, 20 September pagi jam tujuh tanpa tarif," ujar Tjahjo Purnomo, di Medan, Selasa (19/9/2023)


Tjahjo Purnomo mengatakan bahwa selama fase pengoperasian, akan dilakukan sosialisasi sistem beroperasi tanpa biaya dan penggunaan kartu uang elektronik.


"Kartu uang elektronik saat ini merupakan alat transaksi yang sangat krusial terutama di jalan tol dikarenakan saat ini sudah serba cashless, sehingga kami imbau bagi pengguna jalan tol yang ingin melintas untuk dapat mengecek keadaan fisik dan saldo kartu uang elektronik terlebih dahulu," ujar Tjahjo Purnomo.


Lebih lanjut Tjahjo menyampaikan bahwa kartu uang elektronik yang digunakan harus dalam keadaan baik, dengan chip kartu yang masih berfungsi serta memastikan bahwa saldo kartu uang elektronik cukup untuk mengantisipasi terjadinya antrian di gerbang tol akibat kehabisan saldo.


"Selama masa sosialisasi, yang belum berbayar hanya Stabat hingga Kuala Bingai dan sebaliknya saja, jadi pengguna jalan yang melintas dari arah Binjai ke Stabat atau sebaliknya tetap dikenakan tarif normal," ujar Tjahjo Purnomo.


Ia menyebutkan untuk estimasi tarif tol segmen Stabat-Kuala Bingai nantinya, akan diinformasikan setelah adanya Keputusan Menteri PUPR. Ia mengestimasi besaran tarif sekitar Rp1.262/km. (mbd/sh)