Notification

×

Iklan

365 Atlet Medan Tes Kesehatan dan Fisik Tahap II

Minggu, 17 September 2023 | 17:07 WIB Last Updated 2023-09-17T10:07:58Z

Tes kesehatan dan fisik yang diikuti sebanyak 365 atlet binaan KONI Medan. (Foto: Istimewa)

ARN24.NEWS
– Sebanyak 365 atlet binaan KONI Kota Medan menjalani kegiatan Tes Kesehatan dan Test Fisik KONI Kota Medan 2023 Tahap II di Stadion Teladan Medan, Sabtu dan Minggu (16-17/9/2023). Sebelumnya tes Tahap I berlangsung Mei 2023 lalu.


"Para atlet yang menjalani tes merupakan atlet binaan KONI Kota Medan. Mereka jugalah bakal atlet yang diproyeksikan menuju berbagai ajang olahraga, baik regional maupun nasional, termasuk Porprovsu 2026 dan PON XXII 2028 nanti," ucap Ketua Umum KONI Medan Eddy H Sibarani di sela meninjau kegiatan, Minggu (17/9/2023) sore. 


Dijelaskannya, Tes Kesehatan dan Fisik Tahun 2023 merupakan program tahunan KONI Kota Medan bagi para atlet lapis kedua, yang disebut Medan Bangkit. 


"Karena atlet utama kita telah bergabung di Pelatda PON XXI bersama kontingen Sumut. Atlet-atlet Medan Bangkit inilah yang akan kita persiapkan untuk ke berbagai event nantinya," ungkap Eddy Sibarani didampingi Sekum H Suryadi, Ketua Panpel Rotua Sibagariang, dan Ketua STOK Binaguna Hj Liliana Puspasari.


Selanjutnya Eddy Sibarani berharap para atlet bisa mempertahankan hasil dari tes kesehatan dan tes fisik ini sebagai atlet binaan KONI Medan. Dia menyatakan puas dan memberi apresiasi karena para atlet-atlet sangat bersemangat menjalani kegiatan tes tahap II ini. 


"Kita mengapresiasi, karena para atlet menjalani tes kesehatan dan tes fisik dengan kesungguhan dan penuh semangat. Motivasi dan semangat tinggi seperti inilah yang terus kita pelihara,' kata Eddy Sibarani lagi.


Dikatakan, kegiatan Tes Kesehatan dan Fisik KONI Medan 2023 Tahap II ini terselenggara atas kerja sama dengan Sekolah Tinggi Olahraga dan Kesehatan (STOK) Binaguna Medan, berlangsung 2 hari.


Lanjut dia, Test Kesehatan dan Fisik ini penting dijalani, sebagai salah satu tahapan menjadi atlet binaan KONI Medan. 


"Untuk Tahap II ini ada 365 atlet dari 42 cabor. Namun, meski telah lolos tes,  dalam perjalanannya nanti kita tetap memberlakukan sistem promosi dan degradasi," ungkap Eddy Sibarani seraya mengucapkan terima kasih kepada Pemko Medan di bawah kepemimpinan Wali Kota Bobby Nasution SE yang terus mensupport setiap kegiatan KONI Medan.


Sementara Ketua STOK Binaguna Hj Liliana Puspa Sari mengatakan, selain pemeriksaan kesehatan, ada 10 item tes, diantaranya kekuatan otot lengan, kekuatan otot kaki, kecepatan, keseimbangan, kelincahan, daya tahan otot, dan daya tahan kardiovaskular.


"Dengan adanya tes, maka bisa mendeteksi tingkat kebugaran dan kesehatan para atlet. Setelah menjalani tes ini, atlet yang kurang baik fisik ataupun kesehatannya maka bisa ditingkatkan lagi. Kita gembira karena para atlet menjalani tes dengan sungguh-sungguh dan bersemangat," tandas Hj Liliana. (sh)