Notification

×

Iklan

Lanal Dumai Amankan 31 PMI Ilegal, Kolonel Kariady Bangun: Cegah Kasus TPPO

Senin, 21 Agustus 2023 | 22:59 WIB Last Updated 2023-08-21T15:59:35Z

Puluhan calon Pekerja Migran Indonesia (PMI) ilegal yang berhasil digagalkan berangkat di pesisir Pantai Sepahat, Kabupaten Bengkalis, Provinsi Riau. (Foto: Istimewa)

ARN24.NEWS
– Tim gabungan Lanal Dumai dan Satgas Ops Intelmar Gurindam Sakti-23 Koarmada I menggagalkan pemberangkatan calon Pekerja Migran Indonesia (PMI) ilegal di pesisir Pantai Sepahat, Kabupaten Bengkalis, Provinsi Riau.


"Dalam penggagalan ini sebanyak 31 orang calon PMI terdiri dari laki-laki 15 orang, 1 orang anak dan perempuan 15 orang," kata Komandan Lanal Dumai, Kolonel Laut (P) Kariady Bangun, Senin (21/8/2023).


Kariady mengungkapkan, berdasarkan pemeriksaan dan pengecekan terhadap calon PMI tidak ditemukan barang atau benda ilegal (berbahaya) lainnya. 


"Diduga para calon PMI ilegal melakukan pelanggaran UU 18 Tahun 2017 tentang perlindungan Pekerja Migran Indonesia. Selanjutnya calon PMI dan barang bukti diserahkan ke BP3MI Provinsi Riau untuk proses lebih lanjut," ungkapnya.


Kariady menambahkan, keberhasilan TNI AL dalam menggagalkan pemberangkatan calon PMI secara ilegal ke Malaysia itu merupakan salah satu bentuk kesiapan dan kesiapsiagaan. 


"Hal ini dalam menghadapi berbagai ancaman Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO) di wilayah Lanal Dumai sesuai instruksi dari Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Muhammad Ali," pungkasnya. (sh)