Notification

×

Iklan

Arkhan Fikri: Bocah Sumut 'Super Star' di Arema dan AFF 2023

Sabtu, 26 Agustus 2023 | 12:49 WIB Last Updated 2023-08-26T05:49:26Z

ARN24.NEWS --
Kemenangan Timnas 3-1 atas Thailand di Semifinal AFF U23 kemarin benar - benar mengejutkan banyak pihak dan menjungkirbalikkab prediksi para pemerhati sepakbola.

Tampil tanpa skuad terbaiknya anak - anak asuh Shin Tae Yog justru bermain luar biasa dalam laga Semifinal ini. Salah satu bintang yang oleh banyak fihak disebut sebagai "Man of The Match" dalam laga Semifinal ini adalah bintang muda asal Sumut yang kini bermain di Arema Arkhan Fikri. 

Dipasang di lini tengah bersama Rifky Dwi dan Beckham Putra, Arkhan benar-benar menunjukkan visi permainan yang apik. Ia mampu mengalirkan bola dengan baik ke lini serang Indonesia.

Kontribusi terbaiknya terjadi saat ia memberikan assist bagi gol pertama Indonesia kepada Jeam Kelly Sroyer. Sehingga Indonesia mampu unggul lebih dahulu di laga ini.

Penampilan menawan Arkhan Fikri bukan hanya di lini tengah. Ia tidak segan-segan mundur untuk membantu pertahanan.

Gelandang muda berbakat didikan Akademi Kwarta FC ini selalu siap membantu lini pertahanan Indonesia. Ia kerap memenangkan duel-duel di lini tengah dan merebut bola dari kaki pemain Thailand.

Arkhan Fikri adalah kelahiran Serdang Bedagai 28 Desember 2004. Arkhan Fikri adalah pemain jebolan Academy Kwarta, sebuah akademi sepak bola yang bermarkas di Percut Sei Tuan, Deli Serdang. 

Dirinya ditempa di akademi ini sejak tahun 2017. Pada tahun 2019 Arkhan Fikri sukses membawa All Star Rehuning Asahan U15 menjadi Juara Suratin Cup U15 setelah di Final menaklukkan Persis Solo U15.Bahkan dirinya terpilih menjadi Pemain Terbaik di turnamen tersebut. 

Bakat Arkhan Fikri kemudian tercium Barito Putera. Dia dipanggil memperkuat tim Barito Putra yang bermain di Pro Elite Academy U-16. Sayang kemudian dirinya sempat kena cedera lutut parah yang membuatnya sempat menghilang dari lapangan hijau selama beberapa bulan. 

Dalam masa penyembuhan ini dirinya kembali pulang ke Sumut dan bergabung kembali dengan Kwarta FC. Dirinya pun sempat memperkuat Kwarta FC di Liga 3.Walau baru sembuh cedera namun skillnya tidak turun.

Penampilan apiknya bersama Kwarta membuat dirinya dipanggil STY memperkuat Timnas di ajang Toulon Cup di Prancis hingga AFF U-19 2022 di Bekasi, Jawa Barat. Fikri bersinar di ajang AFF U19 tersebut.Bahkan ketika melawan Myanmar dan Brunei Darussalam dirinya menciptakan gol yang berkelas.

Kemampuannya yang prima ini membuat dirinya dikontrak oleh Arema Malang.Dan walau masih muda dirinya tidak kagok membela Arema di Liga 1. Bahkan dirinya kemudian dipsnggil memperkuat Timnas yang akan berlaga di World Cup U20 tahun 2023. Sayang kemudian turnamen ini batal digelar di Indonesia. 

Dan kini Arkhan Fikri tampil menawan membawa Timnas U23 lolos ke Final AFF U23 setelah menjungkalkan tuan rumah dan favorit Juara Thailand 3-1. Semoga dlam laga final Piala AFF U-23 2023 yang akan digelar di Stadion Rayong, Sabtu 26 Agustus 2023 pukul 20:00 WIB, Arkhan Fikri akan membawa Timnas menjadi Juara dengan menaklukkan Vietnam.

Sayang bakat anak muda ini tidak pernah terpantau oleh PSMS. Malah justru Arema yang pada 2022 melihat bakat hebat anak ini. (ril)