Notification

×

Iklan

Whatsapp Ujicoba Fitur Kirim Foto Kualitas HD

Sabtu, 10 Juni 2023 | 23:50 WIB Last Updated 2023-06-10T16:50:00Z

Ilustrasi. 

ARN24.NEWS
– Pengguna WhatsApp kini tidak perlu khawatir mengirim foto dengan kualitas yang menurun alias pecah. Perusahaan merilis fitur untuk mengirim foto dengan kualitas HD (High Definition).


Hal itu terungkap dari tangkapan layar WaBetaInfo. Setelah menginstal versi beta terbaru WhatsApp untuk iOS dari aplikasi TestFlight dan WhatsApp untuk Android dari Google Play Store, beberapa pengguna dapat bereksperimen dengan mengirim foto HD sehingga mempertahankan resolusi aslinya.


Namun pengguna non beta harus bersabar menggunakan fitur ini lantaran masih dalam tahap peningkatan pengalaman pengguna dan baru dirilis ke penguji beta.


Dengan demikian fitur kirim file foto di WhatsApp dengan kualitas HD ini baru akan dirilis publik dalam beberapa waktu mendatang.


Dalam artikel tentang pembaruan WhatsApp beta untuk iOS 23.4.0.70, WhatsApp sedang mengembangkan fitur baru terkait berbagi media yaitu opsi kualitas foto.


Dengan fitur ini, WhatsApp mempermudah berbagi foto dengan kualitas yang lebih baik dengan mempertahankan dimensinya.


Pengguna dapat memilih kualitas yang lebih baik ketika mengirim foto, dan opsi tersebut hanya muncul ketika hendak memilih foto berukuran besar.


Kendati demikian ini bukanlah kualitas foto asli dari yang pengguna jepret pada ponsel, karena opsi ini hanya untuk mempertahankan dimensi gambar agar tidak pecah.


Selain itu, opsi default selalu "standard quality" untuk foto apa pun. Ini berarti, pengguna harus memilih opsi HD setiap kali ingin berbagi foto baru dengan kualitas yang lebih baik.


Ketika pengguna hendak mengirim foto dengan memilih opsi "kualitas tinggi", foto tersebut ditandai sebagai foto berkualitas tinggi sehingga tag baru secara otomatis ditambahkan ke gelembung pesan.


Informasi ini juga membantu penerima memahami kapan foto dikirim dengan menggunakan fitur ini.


Namun sekadar catatan, fitur ini terbatas pada foto yang dibagikan dalam percakapan pengguna sehingga kualitas HD tidak berlaku pada kiriman klip video.


Mengirim file video dengan kualitas besar masih disarankan mengubahnya menjadi file dokumen, dan fitur ini tidak tersedia saat berbagi foto dengan menggunakan pembaruan status.


Dikutip dari Android Central, layanan inti Meta seperti Facebook, WhatsApp dan Instagram dikenal kerap mengompresi file media yang dikirim, jadi tidak heran WhatsApp akhirnya merilis fitur ini secara beta. (cah)