Notification

×

Iklan

Untuk Bayar Saksi Antisipasi Kecurangan, PKB Deli Serdang Kutip Mahar Politik ke Bacaleg

Minggu, 18 Juni 2023 | 15:19 WIB Last Updated 2023-06-18T08:19:48Z

Ilustrasi pemungutan suara. 

ARN24.NEWS
– DPC PKB Deli Serdang mengenakan mahar politik kepada seluruh bakal calon anggota legislatif (bacaleg). Mahar itu nantinya akan digunakan untuk membayar saksi demi mengantisipasi terjadinya kecurangan.


Sekretaris DPC PKB Deli Serdang Rakhmadsyah menjelaskan kutipan atau mahar politik itu merupakan hasil kesepakatan bersama.


"Itu hasil kesepakatan kita, setiap caleg di dapil, kesepakatan bersama ada notulen rapatnya, ada daftar hadirnya," katanya ketika dikonfirmasi, Minggu (18/6/2023).


Rakhmadsyah menjelaskan jika keberadaan saksi sangat penting di tempat pemungutan suara (TPS). Sebab jika tidak memiliki catatan pemungutan dan penghitungan suara di TPS (C1) maka akan sangat rentan untuk terjadi kecurangan.


"Kalau tidak kita musyawarahkan, kita rapatkan, penanggulangan biaya saksi ini bagaimana? Karena kita tahu bahwa kelemahan, kecurangan itu diakibatkan kita tidak punya C1 kan dari hasil berita acara yang ada di TPS, jadi dalam rangka itu kita rapatkan seluruh caleg kita setiap dapil," jelasnya.


Deli Serdang sendiri berjumlah 6.114 TPS, nantinya setiap TPS, PKB akan memiliki dua orang saksi dengan bayaran masing-masing Rp 300 ribu.


"Tergantung kepada jumlah TPS di dapil masing-masing, cuman porsinya sudah kita buat, kita rencana kemarin dua orang saksi (per TPS) biar mereka bergantian kita anggarkan Rp 600 ribu, tapi belum tentu kita mendistribusikannya berapa," ucapnya.


Namun demikian, PKB masih menunggu apakah bacaleg akan membayarkan uang saksi tersebut. Jika tidak berjalan dengan baik, keputusan tersebut akan direvisi sesuai dengan hasilnya.


"Tergantung apakah nanti caleg yang kita ajak rapat, yang sudah kesepakatan ini kan belum tentu dipenuhi oleh mereka, jadi Rp 300 ribu per saksi kalau kesepakatan caleg ini berjalan dengan baik, kalau tidak nanti kita revisi lagi sesuai dengan hasilnya," tutupnya. (dtc)