Notification

×

Iklan

Bekicot Terbesar di Dunia Ditemukan di Afrika Timur, Ukurannya Capai 30 Cm

Senin, 19 Juni 2023 | 23:55 WIB Last Updated 2023-06-19T16:55:00Z

Bekicot atau siput Afrika raksasa. (Foto: ZME Science)

ARN24.NEWS
– Di Afrika Timur terdapat hewan yang ukurannya jauh lebih besar dibandingkan jenisnya. Hewan itu bernama bekicot atau siput Afrika raksasa.


Hewan yang kerap disebut juga bekicot Ghana raksasa ini mempunyai nama ilmiah Achatina fulica. Dia merupakan hewan moluskan dengan badan besar dan rakus. 


Bekicot ini memiliki ukuran tubuh rata-rata sebesar telapak kaki orang dewasa dan adakalanya berukuran lebih dari 30 cm.


Dilansir detikInet dari ZME Science, Senin (19/6/2023), bekicot ini bukan hewan yang berjalan lambat biasa. Dia merupakan spesies siput darat terbesar di Bumi.


Tak hanya ukuran yang menjadi perhatian, nafsu makannya juga mencolok. Bekicot ini bisa memakan apa saja yang ditemuinya. Dia mampu mengonsumsi lebih dari 500 jenis tanaman.


Tak hanya itu, dia juga bisa mengubah lanskap subur menjadi lahan tandus dengan kecepatan luar biasa.


Karena mereka makan sangat banyak dan menghasilkan banyak keturunan, mereka dianggap sebagai salah satu spesies paling invasif di dunia. 


Meski asalnya dari Afrika, bekicot raksasa juga bisa ditemukan di sejumlah negara, termasuk daerah seperti Barbados di Amerika Utara atau Florida, Amerika Serikat, dan mereka sering dianggap sebagai hama karena sifatnya yang invasif.


Bekicot Afrika raksasa juga secara rutin disita di bandara di AS, karena terkadang dipelihara sebagai hewan peliharaan. Tentu ini sangat tidak bijaksana karena memelihara siput bisa menyebarkan bakteri dan patogen berbahaya. 


Seperti hampir semua gastropoda darat, siput ini adalah hermafrodit, yang berarti mereka berkelamin jantan dan betina sekaligus. (dti)