Notification

×

Iklan

Apakah Termasuk Anda, Silcek!!! Ini Nama Orang Batak Terpopuler Beserta Artinya

Sabtu, 17 Juni 2023 | 13:43 WIB Last Updated 2023-06-17T06:43:00Z

ARN24.NEWS --
Tentu setiap orang akan memiliki nama atau panggilan yang bervariasi, khususnya bagi Suku Batak. Namun, pasti akan ada nama yang sering digunakan menjadi panggilan atau familiar yang sering didengar.

Memberikan nama terhadap anak tentu bukan hanya sekedar untuk panggilan. Memberikan nama juga sering dikaitkan dengan harapan dan makna yang indah. Apalagi bagi masyarakat Suku Batak, Nama seseorang akan menjadi doa dan berarti dalam keluarga. Karena tradisi dan adat yang masih kental hingga kini.

Nama Orang Batak Laki-Laki: 
1. Monang (Hamonangan):
Dalam bahasa Batak Toba, Monang artinya Menang dan Hamonangan artinya kemenangan. Sehingga sering dipakai sebagai tanda agar si anak berhasil suatu hari nanti.

2. Horas: Horas sering dijadikan nama oleh orang Batak karena Horas sendiri mempunyai makna tersendiri bagi Suku Batak. Horas adalah semacam ucapan salam yang membawa makna kehangatan dan keakraban bagi sesama Batak yang saling bertemu.

3. Domu (Pardomuan): Dalam bahasa Batak, domu artinya bertemu dan Pardomuan artinya pertemuan. Dengan makna Nama domu diberikan kepada anak laki-laki dengan harapan agar dapat menyatukan atau tempat untuk bersatu.

4. Raja: Bagi masyarakat batak, Raja adalah raja, pemimpin, pengawas, penguasa, kepala. Raja diberikan nama sebagai bentuk sapaan penghormatan terhadap si anak agar bisa jadi pemimpin masa depan.

5. Gomgom: Gomgom sendiri artinya adalah pengayom atau pengarah dan pengerat atau melekat. Nama Gomgom diberikan kepada anak laki-laki dengan tujuan agar dapat menjadi pengerat atau pengayom. Sehingga lahir dari keinginan agar anak tersebut dapat tetap ada dalam diri setiap orang.

6. Parulian: Parulian memiliki kata dasar uli. Uli sendiri memilih arti indah, cantik dan sempurna. Biasanya nama Uli hanya untuk perempuan, sehingga untuk laki-laki ditambahkan imbuhan konfiks par dan an menjadi Parulian.

7. Sahat: Sahat dalam bahasa Batak memiliki makna tiba atau sampai. Sering dipakai orang batak bagi anak laki-laki sebagai bentuk kedatangan atau hadirnya si buah hati sebagai berkat dalam keluarga.

8. Poltak: Poltak artinya terlihat, tetapi bisa juga diartikan sebagai terang. Dari arti kata Poltak sendiri sebagai terang, terdapat makna tersirat bahwa orang dengan nama Poltak akan membawakan harapan dimana kelak menjadi anak yang bersinar atau menonjol.

9. Ucok: Nama Ucok menjadi sangat familiar karena sering dijadikan panggilan anak laki-laki Suku Batak. Ucok sendiri memiliki arti penolong. Sehingga dalam arti luas Ucok sering dikaitkan sebagai orang yang suka menolong sesama.

10. Binsar: Binsar sering dijadikan nama dalam masyarakat Suku Batak karena memiliki arti indah dan cocok digunakan untuk anak laki-laki. Dalam bahasa Batak, nama Binsar artinya terbit. Biasanya kata tersebut digunakan untuk menyebutkan matahari yang terbit di ufuk timur.

11. Bonar: Menurut bahasa Batak, Bonar memiliki makna sebagai sifat yang selalu benar, jujur, adil dan penuh ketulusan. Menjadi familiar kita dengar karena maknanya sebagai harapan agar si anak selalu di jalan yang baik.

12. Anggiat: Menurut Kamus Batak, Anggiat memiliki arti semoga, mudah-mudahan, supaya dan agar. Bahkan sering dibawa dalam doa, sehingga anak yang bernama Anggiat akan selalu dalam perlindungan.

13. Gabe: Nama Gabe menjadi populer di kalangan Batak karena memiliki arti yang unik, yakni menjadi. Dengan harapan si anak bernama Gabe menjadi mulia dan keluarganya terberkati dengan banyak keturunan.

14. Dapot: Nama Batak familiar kemudian adalah Dapot yang dalam bahasa Batak artinya dapat, ketemu. Dengan makna si orang tua telah mendapatkan buah hati atau berkat yang telah diinginkan sejak berumahtangga.

15. Haposan: Dalam bahasa batak, Haposan memiliki arti kepercayaan. Nama Haposan diberikan kepada anak laki-laki dengan harapan kelak anak tersebut bisa menjadi orang yang bisa dipercaya.

Nama Orang Batak Perempuan: 
1. Rotua:
Nama Rotua menjadi populer di kalangan Suku Batak karena maknanya yang indah. Dalam bahasa batak, Rotua artinya datang berkah. Sehingga maknanya sudah datang kebaikan atau yang baik dalam keluarga tersebut.

2. Anggi: Dalam bahasa Batak, Anggi memiliki makna adik atau anak bungsu. Panggilan tersebut bisa juga berarti kesayangan. Nama ini bisa menjadi sebuah harapan, ketika ia tumbuh menjadi sumber kehidupan bagi orang-orang di sekitarnya.

3. Uli: Nama perempuan yang familiar selanjutnya adalah Uli. Dalam bahasa batak artinya elok paras dan hatinya. Karena begitu, Uli sering digunakan sebagai nama perempuan karena cantik namanya, maka baik pula sifatnya.

4. Hotma: Hotma memiliki arti tetap atau teguh. Hotma berkata dasar hot yang artinya tidak bergerak. Hotma diberikan kepada anak perempuan dengan keinginan agar anak tersebut bisa kuat, tetap teguh dan amanah dalam menjalani hidup.

5. Sondang: Dalam bahasa Batak, Sondanh artinya cahaya, sinar terang. Sehingga Sondang sering dilambangkan sebagai pesona dan karisma. Dengan harapan anak bernama Sondang akan menjadi glamor dan ingin menjadi pusat perhatian.

6. Lamtiur: Nama Lamtiur menjadi nama populer bagi anak perempuan Suku batak. Dalam bahasa batak, Lamtiur artinya cerah masa depannya. Nama ini akan familiar kita dengar di daerah-daerah Sumatera Utara.

7. Duma: Dalam bahasa Batak, Duma artinya makmur atau sejahtera. Tidak hanya maknanya yang baik, namun nama ini juga cocok diletakkan di awal atau rangkaian penamaan. Seperti Dumasari, Dumaria, Dumasa, dan lain-lain. (dtc/nt)