Notification

×

Iklan

Ledakan Bom Bunuh Diri di Masjid Pakistan 59 Orang Tewas

Selasa, 31 Januari 2023 | 15:19 WIB Last Updated 2023-01-31T08:19:00Z

ARN24.NEWS --
Korban jiwa akibat bom bunuh diri di sebuah masjid di Peshawar, Pakistan, yang berada di area markas polisi terus bertambah. Data terakhir menunjukkan 59 orang telah tewas akibat kejadian tersebut.

Perdana Menteri Shehbaz Sharif mengatakan teroris ingin menciptakan ketakutan dengan menargetkan mereka yang melakukan tugas membela Pakistan. Tidak ada kelompok yang mengatakan melakukan serangan itu, tetapi Taliban Pakistan diduga terlibat. Kelompok itu mengakhiri gencatan senjata pada November, dan kekerasan terus meningkat sejak itu.

Pada Desember lalu, kelompok tersebut menargetkan sebuah kantor polisi yang menyebabkan kematian 33 militan. Laporan awal yang belum dikonfirmasi mengatakan seorang pengebom meledakkan dirinya di masjid pada Senin (30/1/2023). Seorang juru bicara rumah sakit mengatakan kepada BBC jumlah korban tewas mencapai 59 orang, sementara 157 orang terluka.

Kepala polisi Peshawar Muhammad Ijaz Khan mengatakan kepada media lokal bahwa antara 300 dan 400 petugas polisi berada di daerah tersebut pada saat itu.

Dalam sebuah pernyataan, PM Sharif mengatakan mereka yang berada di balik serangan itu tidak ada hubungannya dengan Islam

Ada pun, ledakan itu terjadi sekitar pukul 13:30 saat shalat Ashar di kota barat laut, dekat perbatasan negara itu dengan Afghanistan. Sebuah video yang beredar di media sosial dan diverifikasi oleh BBC menunjukkan bahwa setengah dari tembok ambruk. Masjid itu ditutupi batu bata dan puing-puing saat orang-orang memanjat puing-puing untuk melarikan diri.

"Saat ini prioritas kami adalah menyelamatkan orang-orang yang terkubur di bawah reruntuhan," tambah Khan. (cnbc/nt)