Notification

×

Iklan

IHSG dan Rupiah Bergerak Anomali, Harga Emas Tembus Rp 1 Juta Per Gram

Rabu, 13 April 2022 | 21:05 WIB Last Updated 2022-04-13T14:05:54Z

Ilustrasi. Data inflasi dan perang Rusia-Ukraina masih terus menghantui pasar keuangan global. Pasalnya, banyak pelaku pasar yang masih ketakutan melihat perkembangan ekonomi di banyak negara. (Foto: INT) 

ARN24.NEWS
-- Data inflasi dan perang Rusia-Ukraina masih terus menghantui pasar keuangan global. Pasalnya, banyak pelaku pasar yang masih ketakutan melihat perkembangan ekonomi di banyak negara.


Inflasi dikuatirkan akan mendorong kenaikan suku bunga acuan di banyak negara. Kenaikan suku bunga acuan tersebut nantinya akan memicu tekanan di pasar keuangan.


Pengamat Ekonomi Sumut, Gunawan Benjamin mengatakan, untuk bursa saham di Eropa, Asia maupun Eropa selama perdagangan pekan ini mengalami tekanan yang cukup besar. Namun kinerja Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) justru masih mampu bertahan di zona hijau meskipun kerap juga masuk dalam zona merah. IHSG pada hari ini ditutup menguat 0.67 persen di level 7.262,77.


"Disisi lain kinerja mata uang Rupiah juga terpantau stabil, pada perdagangan sore ini kinerja mata uang Rupiah di transaksikan di kisaran level 14.353 per US Dollar. Tekanan eksternal dimana banyak kinerja bursa saham yang mengalami tekanan, termasuk juga mata uang nya. Rupiah dan IHSG sampai sejauh ini justru masih mampu bertahan dari tekanan tersebut," katanya di Medan, Rabu (13/4/2022).


Dia menjelaskan, pasar keuangan nasional bergerak anomali sekalipun dibayangi sejumlah sentimen buruk eksternal. Sementara itu, terkait dengan perang yang belum berkesudahan, Korea Utara yang berencana meluncurkan rudal nuklirnya, hingga kemungkinan masuknya swedia dan finlandia ke dalam blok NATO. Membuat pelaku pasar kian mengkhawatirkan kemungkinan memanasnya hubungan geopolitik di banyak negara.


"Hal ini memicu terjadinya kenaikan pada harga emas dunia. Dimana harga emas dunia saat ini ditransaksikan dikisaran level $1.970 per ons troynya. Kalau di rupiahkan harga emas berada di kisaran harga 912 ribu per gram. Tentunya kalau di butik atau toko emas, harga emas sudah kembali tembus 1 juta per gram," jelasnya.